Hujan Deras, Ruang Kelas SDN Dukuhlo 01 Lebaksiu Kabupaten Tegal Ambruk

Hujan Deras, Ruang Kelas SDN Dukuhlo 01 Lebaksiu Kabupaten Tegal Ambruk

AMBRUK - Bangunan ruang kelas 1 di SD Dukuhlo, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal, ambruk setelah diterjang hujan lebat, Rabu malam, 31 Januari 2024. -YERI NOVELI/RADAR SLAWI -

LEBAKSIU, DISWAYJOGJA – Ruang kelas SD Negeri Dukuhlo 01, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal ambruk, Rabu, 31 Januari 2024 malam. Peristiwa itu dipicu saat wilayah Lebaksiu diguyur hujan sejak Selasa, 30 Januari 2024 hingga Rabu malam.

Imbas ambruknya ruang kelas tersebut, para siswa yang mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM) di ruang ktersebut elas terpaksa mengungsi ke ruang lainnya.

”Kami dapat informasi dari kepala sekolah yang melaporkan ruang kelas 1 ambruk. Ini akibat hujan deras yang melanda wilayah itu,” kata Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Tegal A Jafar saat ditemui di Gedung DPRD Kabupaten Tegal, Kamis, 1 Febauari 2024.

Dia menuturkan, ruang kelas 1 yang dibangun sudah lama itu, mengalami kerusakan parah di dinding ruangan. Tembok ambruk ke dalam kelas sepanjang lebih dari 10 meter. Bahkan, atap bangunan juga nyaris ambruk, karena tidak ada penyangga.

BACA JUGA:Diguyur Hujan Deras, Bangunan Serta Atap Bumdes Tambakwangi dan Pos Kesehatan Desa Mendadak Ambruk

”Beruntung, kejadiaannya malam hari, sehingga tidak berimbas pada siswa. Sementara siswa belajar di ruang kelas lainnya secara bergantian,” kata Jafar.

Jafar mengemukakan, SDN Dukuhlo 01 memang beberapa bangunan sudah rawan ambruk. Dirinya juga sempat mengunjungi SD tersebut. Bahkan, SD Dukuhlo 01 akan mendapatkan bantuam rehab di tahun 2024.

Nilainya sekitar Rp388 juta untuk tiga lokal. Dengan kondisi saat ini, kemungkinan anggaran yang sebelumnya hanya rehab, berubah menjadi kegiatan pembangunan lokal baru.

BACA JUGA:Rumah Ambruk Diterjang Angin, Warga Dukuhjati Kidul Dapat Bantuan

”Anggaran yang hanya rehab bisa dialihkan menjadi ruang kelas baru, atau bisa juga masuk kategori rehab berat. Ini karena masuk kategori kegiatan mendesak,” ujarnya.

Terpisah, Kepala SD Dukuhlo 01 Rustinah menuturkan, bencana ambruknya tembok kelas baru telah ditangani. Bahkan, kejadiaan itu telah dilaporkan ke dinas terkait.  ”Sudah diatasi, silahkan tanya ke Dikbud langsung,” ucapnya singkat.

Sementara itu, saat Radar Tegal menghubungi Kabid Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (DIkbud)) Kabupaten Tegal Mahmudin SAg mengaku sudah meninjau SDN Dukuhlo 01 yang ambruk itu. Pihaknya sudah meminta kepada pihak sekolah untuk sementara untuk menahan bangunan tersebut menggunakan tiang penyangga. Kemudian genteng yang ada di ruang itu untuk diturunkan.

BACA JUGA:Diterjang Angin Kencang, Rumah Warga Dukuhjati Kidul Kabupaten Tegal Ambruk

“Yang penting aman dan tidak membahayakan warga sekolah. Kami juga minta untuk disangga dan genteng diturunkan. Saat KBM siswa juga sementara dialihkan ke ruang lain. Soal rehab atau membangun nanti, melihat dari DAU di 2024,” ungkapnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: