Khatamkan Al Qur'an Tiap Hari, Ponpes di Kendal Doakan Ganjar Menang Pilpres

Khatamkan Al Qur'an Tiap Hari, Ponpes di Kendal Doakan Ganjar Menang Pilpres

ANTUSIAS - Ratusan santri dan warga sekitar ponpes dan rumah budaya Wongsorogo Sidorejo Brangsong Kendal menyambut antusias kedatangan Ganjar Pranowo.-ISTIMEWA-

KENDAL, DISWAY JOGJA - Puluhan santri di Pondok Pesantren dan Rumah Kebudayaan Ndalem Wongsorogo menggelar khataman Al Qur'an setiap hari. Tujuannya, mendoakan calon presiden Ganjar Pranowo memenangkan pemilihan presiden 2024.

Hal itu, terungkap saat capres berambut putih itu menyambangi Ponpes dan Rumah Kebudayaan Ndalem Wongsorogo Sidorejo, Brangsong, Kendal, Selasa (23/1/2024).

Kedatangan Ganjar Pranowo, disambut langsung pengasuh, Gus Paox Iben Mudhaffar. Bahkan, penyematan surban warna putih kepada Ganjar menjadi simbol penyambutan. Tampak hadir, warga sekitar yang antusias berebut salaman dan selfie dengan capres nomor urut 03 tersebut.

BACA JUGA : Ganjar Menginap di Rumah Mbah Wakiran, Petani Gunung Kidul Girang Bukan Kepalang

Di pesantren yang berbalut seni budaya itu, Ganjar disuguhi musik gamelan secara live, atraksi barongan, dan diajak melihat sejumlah karya seni lukis di rumah yang dibangun sekitar 1925 itu. 

Gus Paox juga mengajak Ganjar dialog, tentang kebudayaan dan pendidikan. Kepada Ganjar, Gus Paox mengatakan bahwa tiap hari santri di pesantrennya menggelar khataman Al Quran secara bergantian, untuk mendoakan Ganjar.

"Di sini tiap hari santri mengkhatamkan Al Quran, tiap hari bergantian. Itu kita khususkan untuk Pak Ganjar," terang Gus berambut gimbal itu.

Ia menerangkan bahwa pesantren yang diasuhnya bukan hanya untuk belajar mengaji saja, tapi juga mengolah seni dan budaya. Hal itu agar santri mampu mengasah daya spiritualnya.

BACA JUGA : Ganjar Ingatkan Simpatisan : Lawan Kita Berat, Harus Bersatu Dengan Rakyat Jika Ingin Menang

"Di sini santri mengaji dan juga belajar seni dan budaya. Jadi, agar spiritualnya benar-benar terasah," papar Gus Paox.

Menurutnya, Indonesia ke depan harus bisa berdaulat kebudayaan. Dan itu membutuhkan peran pemimpin, seperti Ganjar Pranowo.

"Kami berharap Pak Ganjar bisa memperhatian kebudayaan. Dan saya juga sudah sering bertemu dengan Pak Ganjar, saya lihat punya semangat yang sama," imbuhnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo menyampaikan bahwa semangat Gus Paox adalah bagian dari menjaga budaya Indonesia melalui pendidikan di pesantren. 

BACA JUGA : KH RM Soleh Bajuri Bisikkan ke Ganjar 21 Mursyid Thoriqoh se-Lampung Dukung Capres 03

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: