Cegah Banjir, Koramil dan Camat Wanasari Bersihkan Sungai Desa Klampok

Cegah Banjir, Koramil dan Camat Wanasari Bersihkan Sungai Desa Klampok

MEMBERSIHKAN - Warga dibantu petugas membersihkan lumpur sisa banjir di rumah dan sekolah-sekolah. -Eko Fidiyanto/ Rateg-

BREBES, DISWAY JOGJA - Mengantisipasi terjadinya banjir, Kodim 0713 Brebes melaksanakan kegiatan Karya Bakti TNI. Yakni, membersihkan sampah menumpuk di aliran sungai Desa Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes.

Komandan Kodim 0713 Brebes Letkol Infanteri Sapto Broto mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya mencegah terjadinya bencana banjir di wilayah dan menciptakan lingkungan yang sehat. Karena memang saat ini sudah memasuki musim hujan, jadi dengan adanya pembersihan lingkungan berupa normalisasi sungai, menjadi salah satu upaya pencegahan agar saluran sungai tidak terhambat.

"Tentunya ini merupakan implementasi perintah dari komando atas, untuk membantu masyarakat dalam mengantisipasi bencana banjir karena sudah memasuki musim penghujan" jelas Dandim, Jumat (5/1). 

BACA JUGA : Sempat Terendam Banjir, Aktifitas Warga dan Anak Sekolah di Ketanggungan Terganggu

Selain melaksanakan pembersihan juga dilaksanakan sosialisasi kepada masyarakat sekitar aliran sungai agar menjaga kebersihan air sungai. Harapannya, setelah dilaksanakan pembersihan, maka tidak ada lagi masyarakat maupun para pedagang, yang membuang sampah di sembarang tempat. Karena berbagai macam penyakit dan banjir, yang sewaktu-waktu akan dapat terjadi akibat banyaknya tumpukan sampah di aliran sungai Desa Klampok.

Sementara itu, Camat Wanasari Nuridin mengucapkan terima kasih kepada TNI yaitu Kodim 0713 Brebes melalui Koramil 03 Wanasari serta seluruh komponen masyarkat yang telah peduli terhadap lingkungan diwilayahnya, terutama di aliran sungai Desa Klampok ini. Dia menyebut, ada beberapa saluran air yang mampet, akibat kurangnya kesadaran masyarakat.

BACA JUGA : Hujan Intensitas Tinggi, Banjir dan Longsor Terjang Wilayah Sirampog

"Hendaknya seluruh masyarakat dapat menjaga kebersihan lingkungan, serta jangan pernah membuang sampah sembarangan, karena kepedulian itu lebih penting guna menjaga kebersihan lingkungan masing-masing," tutupnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: