Kolaborasi Bantu Promosi Produk, Mahasiwa Poltek Harber Kerja Sama dengan UMKM Rumah Binaan BUMN

Kolaborasi Bantu Promosi Produk, Mahasiwa Poltek Harber Kerja Sama dengan UMKM Rumah Binaan BUMN

KOLABORASI - Mahasiswa Prodi D-3 DKV Poltek Harber bekerjasama dengan UMKM Rumah Binaan Bank BNI Kota Tegal bantu promosi produk lewat pembuatan video pendek iklan komersial di Rumah BUMN Tegal, Rabu, (3012024).-MEIWAN DANI RISTANTO/RADAR TEGAL -

TEGAL, DISWAYJOGJA - Mahasiswa Program Studi (Prodi) D-3 Desain Komunikasi Visual (DKV) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) bekerjasama dengan Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) Rumah Binaan Bank BNI Kota Tegal bantu promosi produk lewat pembuatan video pendek iklan komersial di Rumah BUMN Tegal pada, Rabu, (3/01/2024). 

BACA JUGA:20 UMKM di Desa Wanatirta Produksi Alat Rumah Tangga Hingga Makanan Ringan

Kegiatan yang diberi nama Desain Visual Jenama (Sainvisma) merupakan program implementasi pembelajaran berbasis project pada mata kuliah Periklanan prodi DKV. Kegiatan yang diselenggarakan selama dua minggu sejak 24 Desember 2023, dan bertujuan untuk mengedukasi dan membantu promosi produk UMKM unggulan melalui pembuatan video pendek iklan komersial untuk kebutuhan promosi pada Instagram.

Ketua Prodi DKV Poltek Harber Ahmad Ramdhani menuturkan, ketika memasuki semester ganjil mahasiswa mendapatkan pembelajaran yang adaptif, dinamis, dan dituntut menjalin kolaborasi dengan banyak pihak. Mahasiswa langsung terjun ke masyarakat untuk mengerjakan project berbasis klien.

BACA JUGA:Diadakan Universitas Pancasila, Mahasiswa Poltek Harber Borong Kejuaraan Kompetisi Nasional Seni dan Budaya

“Dalam kolaborasi ini, mahasiswa DKV Poltek Harber mendapat kesempatan untuk menjadi bagian dari project sebagai tim konten kreator. Mahasiswa dipertemukan langsung dengan 13 UMKM terpilih untuk mengerjakan video short iklan komersial produk unggulan, beserta desain pendukungnya untuk kebutuhan konten dan promosi di media sosial Instagram,” ungkap Ahmad.

Pengelola Rumah BUMN Tegal Firlyal Hanifah mengungkapkan, kegiatan Sainvisma memberikan manfaat dan dampak langsung kepada 13 produk unggulan umkm terpilih. Pasalnya video yang telah dibuat oleh mahasiswa mendapatkan apresiasi dari UMKM dan langsung diintegrasikan dalam berbagai kampanye pemasaran. 

“Video iklan komersial dapat meningkatkan kesadaran merek atau jenama dan eksposur pada produk unggulan untuk membantu calon pelanggan memahami manfaat dan keunikan yang ditawarkan. Kami berharap program Sainvisma ini terus berlanjut mengingat rumah BUMN Tegal telah membina ratusan UMKM dari wilayah eks-karesidenan Pekalongan,” kata Firlyal.

BACA JUGA:Ini Dia! 10 Perbedaan Mesin Cuci Front Loading dan Top Loading, Simak Keunggulannya Disini

Firlyal menyampaikan  UMKM yang terlibat juga mendukung pembelajaran mata kuliah Periklanan di DKV.  "Kami tidak hanya mendapatkan fasilitas video dan desain pendukung, tetapi kami belajar dengan tentang desain dan branding khususnya pada konten iklan,” tambahnya. 

Program Sainvisma ini diharapkan mampu memberikan pandangan kepada mahasiswa DKV bagaimana berhadapan langsung dengan klien, serta meningkatkan mental mahasiswa untuk berkomunikasi dengan baik dan hasil dari project ini dapat dijadikan portofolio karya mahasiswa kelak. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: