Pj Bupati Brebes Serahkan Bantuan Pertanian Senilai Rp 3,8 Miliar

Pj Bupati Brebes Serahkan Bantuan Pertanian Senilai Rp 3,8 Miliar

MENYERAHKAN - Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar menyerahkan bantuan sarana pertanian di halaman Kantor DPKP Brebes. -EKO FIDIYANTO/ RADAR BREBES -

BREBES, DISWAYJOGJA - Petani di Kabupaten Brebes menerima bantuan senilai Rp 3,8 miliar sepanjang 2023. Bantuan tersebut bersumber dari APBD maupun APBN untuk prasarana pertanian, sarana alat mesin budidaya pertanian, sarana produksi untuk pengembangan kawasan pertanian. Termasuk sarana dan prasarana pascapanen dan pengolahan hasil tanaman pangan, hortikultura dan perkebunan.

BACA JUGA:Banyak Dibangun Pabrik, Lahan Pertanian di Brebes Susut 3.422 Hektare

Bantuan ini juga termasuk pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT), penyediaan infrastruktur pendukung kemandirian pangan, serta peningkatan diversifikasi dan ketahanan pangan masyarakat. Saya berharap, bantuan ini dapat memberikan dampak positif dan membantu meringankan beban petani kita yang membutuhkan,kata Pj Bupati Brebes Iwanuddin Iskandar saat penyerahan simbolis alsintan, Rabu (27/12).

BACA JUGA:Kesulitan Air, 2.500 Hektare Tanaman Pertanian di Brebes Terancam Gagal Panen

Iwan mewanti-wanti semua bantuan yang digelontorkan tidak sampai diperjualbelikan atau disalahgunakan. Para camat, penyuluh, pendamping petani agar memberikan pemahaman yang tepat mengenai pentingnya penggunaan bantuan pemerintah sesuai tujuan dan juga tentang larangan memperjualbelikan bantuan tersebut. Iwan juga mengajak seluruh masyarakat untuk terus bersatu dan bergotong-royong dalam membangun daerah Brebes.

BACA JUGA:Bencana Alam Mengancam, 35 Persen Hutan Lindung Beralih Fungsi Jadi Lahan Pertanian

Berbagai bentuk bantuan digelontorkan pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kabupaten merupakan bagian dari komitmen peningkatan kesejahteraan masyarakat. Bantuan untuk petani yang diserahkan hari ini bukan sekadar bantuan cuma-cuma, melainkan simbol dari perhatian dan kepedulian pemerintah terhadap peningkatan kesejahteraan petani di Kabupaten brebes,tambahnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Brebes Yulia Hendrawati menambahkan, bantuan digelontorkan dalam rangka mendukung ketahanan pangan di daerah. Hari ini secara simbolis Pj Bupati menyerahkan bantuan sarana pertanian kepada 21 kelompok tani, Gapoktan, dan para petani di Kabupaten Brebes.

BACA JUGA:Simulasi Pemilu, Warga Mangkukusuman Protes Tak Bisa Nyoblos

Hari ini secara simbolis menyerahkan kepada 21 penerima. Tapi total bantuan sepanjang tahun 2023 itu mencapai Rp 3,8 miliar," tandasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: