Wujudkan Kemandirian Pangan, Pemda Kulon Progo Usung Program Gerbang Segoro

Wujudkan Kemandirian Pangan, Pemda Kulon Progo Usung Program Gerbang Segoro

Pj Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti menjelaskan, Gerbang Segoro merupakan tindak lanjut terhadap perubahan orientasi pembangungan DIY ,-DOK.-

DISWAYJOGJA – Pemda Kulon Progo memiliki program Gerbang Segoro (Gerakan Membangun dengan Semangat Gotong Royong). Program tersebut merupakan bentuk dukungan dari slogan ‘Bela–Beli Kulon Progo’ yang dilandasi dengan prinsip ‘bertekad, bersepakat, dan berbuat’ guna mewujudkan kemandirian pangan dan kemandirian ekonomi Kabupaten Kulon Progo.

BACA JUGA:Jangan Sampai Terjadi! Inilah 3 Dampak Jika Terlambat Bayar Shopee Paylater 3 Bulan

Pj Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti menjelaskan, Gerbang Segoro merupakan tindak lanjut terhadap perubahan orientasi pembangungan DIY dari Among Tani ke Dagang Layar untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat DIY umumnya dan Kulon Progo khususnya.

BACA JUGA:Kapan Waktu yang Tepat untuk Ajukan Keringanan Hutang Pinjol? Simak 5 Tips Berikut!

“Berdasarkan konsep pembangunan Among Tani Dagang Layar, prinsip pertamanya adalah orientasi pembangunan daratan mulai beralih ke lautan, prinsip kedua adalah menjadikan pantai selatan sebagai halaman depan DIY, dan prinsip ketiga adalah mengenalkan lebih masif lagi kepada masyarakat akan budaya Bahari,” ujar Ni Made.

BACA JUGA:Data Pribadi Tersebar Akibat Daftar Pinjol Sembarangan? Inilah Ulasan Lengkapnya!

Ni Made menyampaikan, Festival Gerbang Segoro ini adalah upaya untuk sosialisasi program yang telah dioperasionalkan melalui tiga tahapan. Yaitu Cecikal, Bebakal, dan Tetinggal.

Tahapan untuk menumbuhkan, kemudian mengembangkan, dan memandirikan usaha Bahari kelautan dan perikanan, baik bagi nelayan, pembudidaya ikan maupun pengolah dan pemasar. Karena itu, Gerbang Segoro diimplementasikan ke dalam beberapa kegiatan. Antara lain, pembangunan TPI Hebat, revitalisasi Pasar Ikan Sarwolaris, kegiatan Ngulir Budi (Ngupoyo Hulu Hilir Budidoyo Iwak), Jogo Segoro, dan Jogokaliku.

BACA JUGA:Agar Masa Tua Tak Bingung, Pemkab Tegal Ajak Pedagang Ikut Program Jaminan Sosial

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh jajaran Dinas Kelautan dan Perikanan, Panewu, Lurah dan masyarakat Kulon Progo terutama kelompok nelayan, kelompok pembudidaya ikan, kelompok pengolah dan pemasar ikan yang telah mendukung program Gerbang Segoro, sehingga dapat dilaksanakan di 12 Kapanewon, 88 Kalurahan, 434 Pokdakan, 31 KUB Nelayan, 24 Pokmaswas, dan 60 Poklahsar,” jelas Ni Made. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: