Jangan Asal Gunakan! Ini dia Tips Bijak dan Selektif dalam Gunakan Layanan Pinjol

Jangan Asal Gunakan! Ini dia Tips Bijak dan Selektif dalam Gunakan Layanan Pinjol

Tips selektif dalam menggunakan layanan pinjol--

BACA JUGA: Terkena Dampak Sebar Data Pinjol Ilegal? Jangan Panik, Begini Triknya

Dewasa ini, beberapa aplikasi pinjol memang sering menjadi satu jalan alternatif bagi banyak masyarakat yang ingin mendapatkan dana pinjaman secara mudah dan cepat.

Namun yang tidak orang sadari adalah seringkali mereka akhirnya terjebak dalam hutang dengan nominal bunga yang seiring waktu bertambah besar.

Hal tersebut bisa diakibatkan oleh beberapa hal seperti tekanan ekonomi, perilaku konsumtif, membeli perangkat baru, membayar biaya sekolah hingga edukasi mengenai pinjol yang rendah.

BACA JUGA: Dampaknya Parah Banget! Inilah 4 Tips Menghindari Jeratan Hutang Pinjol untuk Mahasiswa

Teruntuk Kamu yang ingin melakukan pengajuan layanan pinjol, harus memastikan resmi atau tidaknya platform yang akan digunakan.

Kamu juga harus bersikap bijak dalam mengajukan pinjaman yaitu dengan menggunakannya ketika memang sedang membutuhkan dana mendesak.

Sebagai calon nasabah, Kamu juga wajib memperhatikan nominal bunga dan biaya cicilan lainnya apakah sesuai dengan kemampuanmu untuk membayar atau tidak.

Karena jika Kamu tidak memperhatikannya, Kamu bisa saja terlambat membayar cicilan dan terjebak menjadi nasabah galbay.

Menjadi nasabah galbay akan menimbulkan dampak lain seperti denda dan bunga semakin menumpuk hingga menjadi incaran debt collector yang akan datang ke rumahmu.

Dampak lain yang cukup serius adalah rekam jejak kreditmu bisa menjadi buruk dan akan membuatmu masuk dalam daftar hitam sehingga akan kesulitan ketika ingin mengajukan pinjaman di masa mendatang.

 

Resiko Menjadi Nasabah Galbay

Melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan pastinya akan menimbulkan dampak tersendiri bagi diri sendiri.

Begitupun dengan layanan pinjol ini, ketika Kamu tidak dapat membayar sisa tagihan pinjaman yang dipinjam maka Kamu akan menjadi nasabah galbay.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: