Waspada! Ini dia 5 Bahaya Terlalu Sering Makan Junk Food

Waspada! Ini dia 5 Bahaya Terlalu Sering Makan Junk Food

Bahaya Makanan Junk Food--

DISWAY JOGJA- Junk Food merupakan makanan cepat saji yang digemari oleh sebagian banyak masyarakat. Hal ini karena rasanya yang gurih dan penyajiannya yang cepat. Namun, perlu diwaspadai bahwa makanan ini dapat menyebabkan masalah yang berbahaya bagi kesehatan.

Junk Food sendiri adalah makanan dan minuman denagn nilai gizi rendah dan tinggi lemak, gula, dan garam. Beberapa makanan cepat saji yang memicu penyakit seperti makanan kaleng, frozen food, dll.

Tampilan Junk Food menjadi daya tarik pembeli yang cocok untuk dipublikasikan di media sosial. Sehingga banyak orang yang tertarik untuk membelinya. Namun terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji ini dapat meningkatkan risiko obesitas, depresi, masalah pencernaa, penyakit jantung, stroke, kanker, dan diabetes tipe 2.

Artikel ini akan membahas terkait bahayanya makan junk food terlalu sering bagi kesehatan tubuh. Simak hingga akhir ya.

BACA JUGA:10 Makanan untuk Menjaga Kesehatan Tulang dan Cegah Osteoporosis

Beberapa bahaya sering mengonsumsi junk food diantaranya:

1. Kecanduan

Bahaya yang pertama bila kita terlalu sering makan makanan berjenis junk food ini dapat membuat kecanduan. Rasa yang nikmat memang membuat semua yang pernah memakannya ingin kembali mengonsumsinya lagi dan lagi.

Apabila sudah kecanduan, akan sulit untuk mengontrol nafsu makan. Jenis makanan ini akan merangsang sistem penghargaan di otak dengan cara yang sama seperti obat-obatan adiktif, seperti kokain.

2. Melemahkan Daya Ingat

Pada saat mengonsumsi junk food selama lima hari berturut-turut, dapat menurunkan kemampuan otak dalam berpikir dan mengingat. Gula dan lemak telah dikaitkan dengan gangguan memori. Pada saat mengonsumsi makanan yang tinggi gula dan lemak akan dapat merusak memori hippocampal.

3.  Depresi

Bahaya selanjutnya bila terlalu sering mengonsumsi junk food yaitu dapat terjadi depresi. Rasa stres dan tekana yang dialami akan sulit dikendalikan oleh diri sendiri. Menurut data kesehatan dari Nation Library of Medicine, menyebutkan bahwa konsumsi junk food dapat meningkatkan risiko gangguan kejiwaan dan perilaku kekerasan pada anak dan remaja.

Karena itu, sebaiknya untuk membatasi konsumsi jenis makanan ini dan membiasakan diri untuk mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga kesehatan mental sejak dini.

BACA JUGA:Mengenal Nyamuk Wolbachia, Teknologi Biologis untuk Pengendalian Nyamuk DBD

4. Mood Swing

Mood swing atau perubahan mood secara tiba-tiba dapat menjadi akibat jika terlalu sering mengonsumsi junk food. Pada saat Anda makan cupcake, kadar gula dalam tubuh akan meningkat dan menimbulkan perasaan bahagia. Namun, pada saat efek itu hilang, semua kesenangan akan pun hilang dan berganti menjadi perasaan hampa, sedih bahkan uring-uringan.

5. Mempercepat Proses Penuaan

Kandungan dalam jenis makanan ini dapat memicu terjadinya inflamasi atau peradangan yang mempercepat proses penuaan. Kulit akan mudah berkeriput dan mengalami penuaan dini. Konsumsi junk food dapat memperpendek telomer yang merupakan stuktur kromosom penanda usia biologis manusia.

Cara Menghindari Bahaya Junk Food

Meskipun sangat nikmat untuk dimkana, akan tetapi junk food dapat memicu tumbuhnya penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Berikut beberapa cara dalam menghindari bahaya tersebut diantaranya:

1. Konsumsi Makanan Berbasis Protein

Jenis makanan kacang-kacangan seperti buncis, kacang panjang, kacang merah, lentil, tahu, daging tanpa lemak, telur, ayam, keju, yoghurt, dan susu dapat membantu merasa kenyang lebih lama. Kelompok makanan ini juga dapat mengurangi keinginan untuk mengonsumsi junk food diantara waktu makan.

2. Buat Pilihan Sehat

Makanan yang baik yaitu makanan yang melewati sedikit proses pengolahan. Beberapa makanan sehat yang dapat menjadi pilihan seperti biskuit gandum, potongan buah, dll.

3. Makan dengan Kesadaran

Hindari konsumsi makanan yang kurang sehat secara berlebihan. Cobalah makan di meja dengan tidak menonton TV ataupun gadget. Karena hal ini akan membantu Anda makan dengan kesadaran dan memperhatikan apa, kapan, dan seberapa banyak makanan yang dimakan. Fokuslah pada rasa, tekstur, dan sensasi pada saat makan.

Dengan beberapa usaha diatas, tentunya dapat membantu meminimalisir risiko terhadap bahaya makanan junk food bagi kesehatan tubuh.

BACA JUGA:7 Makanan ini Banyak Mengandung Kolagen yang dibutuhkan Tubuh

Itulah tadi beberapa informasi terkait bahayanya terlalu sering mengonsumsi junk food. Semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: