5 Tips Mengamankan Kontak dari Penyalahgunaan Data Pinjol, Kamu Wajib Paham!

5 Tips Mengamankan Kontak dari Penyalahgunaan Data Pinjol, Kamu Wajib Paham!

5 tips mengamankan kontak dari penyalahgunaan data pinjol--

Salah satu yang sering terjadi di sekitar adalah serangan terhadap ponsel melalui kontak yang didaftarkan pada suatu platform layanan pinjol.

Beberapa pengguna bahkan tidak mengetahui jika ponsel yang mereka gunakan sedang disadap oleh para hacker yang memanfaatkan akses kontak perangkat.

Hal ini banyak terjadi karena para hacker membuat perangkat lunak untuk ponsel tanpa izin dan membuat seseorang bisa masuk ke dalam layanan pinjol.

BACA JUGA: 5 Pinjol dengan DC Paling Ramah yang Paling Banyak Digunakan, Nomor 2 Paling Populer

Lantas, apakah ada cara untuk mengamankan kontak dari kejahatan-kejahatan digital pinjol semacam itu? Jawabannya ada di ulasan berikut ini.

1. Pembaharuan Izin Akses

Tips pertama yang bisa Kamu lakukan adalah memastikan secara teratur mengenai pengaturan izin pada aplikasi yang terpasang di ponselmu.

BACA JUGA: Dari Edukasi hingga Persepsi, Inilah 5 Alasan Kenapa Seseorang Terjebak dalam Layanan Pinjol

Jika suatu saat Kamu memberi izin akses kontak pada beberapa aplikasi tertentu, maka Kamu bisa membatalkannya karena tentu akan merasa tidak nyaman dengan hal tersebut.

2. Tidak Memberikan Izin Akses Kontak

Saat Kamu mengunduh serta memasang aplikasi pinjol pertama kali, maka akan ada pemberitahuan untuk pengguna memberikan akses ke kontak.

Jika Kamu merasa tidak nyaman dengan permintaan tersebut, maka Kamu bisa untuk tidak memberikan akses dengan tujuan mencegah aplikasi pinjol mengumpulkan daftar kontak.

3. Periksa Pengaturan Privasi WhatsApp

Tips ketiga yang bisa Kamu gunakan adalah memahami bahwa aplikasi WhatsApp memiliki semacam privasi yang membuat Kamu bisa mengendalikan siapa yang bisa melihat informasi kontak.

BACA JUGA: Butuh Dana Cepat? Inilah 5 Pinjol Limit Tinggi Tanpa BI Checking dengan Syarat Sangat Mudah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: