5 Kesalahan yang Wajib Dihindari Saat Mengajukan Dana Usaha dari Pinjol, Pelaku UMKM Harus Paham

5 Kesalahan yang Wajib Dihindari Saat Mengajukan Dana Usaha dari Pinjol, Pelaku UMKM Harus Paham

5 kesalahan yang wajib dihindari saat ajukan dana usaha lewat pinjol--

Namun, ada 5 hal yang wajib Kamu hindari jika memang ingin meminjam dana usaha lewat layanan pinjol, berikut adalah ulasannya:

1. Ketergantungan Penuh

Sebagai pelaku bisnis, jangan sekali-kali Kamu bersikap ketergantungan terhadap layanan pinjol ini meskipun memang membutuhkannya.

Sebagaimana diketahui, pinjol memiliki suku bunga yang untuk beberapa platform lumayan tinggi. Itu belum beserta biaya tambahan lainnya.

Jika terlalu bergantung pada layanan pinjol ini terutama jika perencanaan keuanganmu belum terlalu matang, maka hal-hal seperti terjerat hutang akan menghampiri.

BACA JUGA: Menurutmu Pinjol Solusi Keuangan atau Jebakan? Inilah cara Menghindari Pinjol Ilegal

Jadi, pertimbangkan kembali semua hal termasuk sumber modal yang sekiranya lebih bervariatif ketimbang mengajukan lewat pinjol.

2. Tidak Memahami Kebijakannya

Semua layanan yang berkaitan dengan uang, sebenarnya tidak hanya soal uang, selalu memiliki kebijakan terkait yang meliputinya.

Seperti halnya pinjol, dimana kebijakan-kebijakan tersebut meliputi suku bunga, tenor waktu, denda ataupun biaya tambahan lainnya.

Adapun hal lain meliputi persyaratan apa saja yang diminta saat pengajuan pinjaman terlebih jika meminjam dalam nominal cukup tinggi.

3. Tidak Punya Perencanaan Pembayaran yang Jelas

Sebelum memutuskan untuk meminjam dana usaha dari layanan pinjol, terlebih dahulu Kamu harus mempersiapkan rencana pembayaran yang matang.

BACA JUGA: Beginilah 6 Dampak Negatif Pinjol! Bagi Anak Muda Hingga Orang Tua! Anda Wajib Tau!

Jangan sampai meminjam dana usaha yang tinggi namun disatu sisi belum punya perencanaan pembayaran yang jelas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: