Percepat Pembayaran Belanja Daerah, Pemkab Brebes Launching Aplikasi SP2D Online

Percepat Pembayaran Belanja Daerah, Pemkab Brebes Launching Aplikasi SP2D Online

PAPARAN - Penggagas inovasi SP2D Online Kasubid Kas Daerah Krisnita Yulianti saat menyampaikan paparan, Kamis (23/11).-SYAMSUL FALAQ/ RATEG -

BREBES, DISWAYJOGJA – Pemkab Brebes melaunching aplikasi Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Online dengan menggunakan aplikasi keuangan Pemerintah Kabupaten Brebes, Kamis (23/11/2023). Aplikasi Financial Management Information System (FMIS) yang sudah terhubung dengan aplikasi sistem Bank Jateng tersebut diharapkan memudahkan sekaligus mempercepat proses pembayaran belanja daerah.

BACA JUGA:Dukung Penurunan Stunting, Pemkab Brebes Berikan Penghargaan kepada 30 Perusahaan

Launching SP2D Online dibuka Staf Ahli Bupati bidang Pemerintahan Untung Rizaludin. Tampak mendampingi, Kabid Perbendaharaan dan Kas Daerah M Wachid Hasyim mewakili Kepala BPKAD Kabupaten Brebes Edi Kusmartono. Turut hadir, penggagas inovasi Kasubid Kas Daerah Krisnita Yulianti. Termasuk, BPKP Perwakilan Jawa Tengah selaku pemilik aplikasi FMIS dan pihak bank Jateng yang diwakili oleh Wahyudin Setiaji.

BACA JUGA:Dukung Penurunan Stunting, Pemkab Brebes Berikan Penghargaan kepada 30 Perusahaan

Dalam paparannya, Krisnita Yulianti menyampaikan, inovasi pemanfaatan FMIS yang sudah terintegrasi dengan sistem SP2D Online lebih mempercepat proses pembayaran belanja daerah. Bahkan, operasional dan penggunaannya lebih akuntabel karena semua terekam dalam data base BPKAD Brebes. SP2D Online, memberikan kemudahan dan penghematan bagi BPKAD Kabupaten Brebes.

BACA JUGA:Pemkab Brebes Terancam Tak Bisa Pungut Pajak dan Retribusi

”BPKAD selaku Kuasa BUD, menerbitkan Surat Perintah Pencairan Dana untuk membayar tagihan belanja daerah yang ditagihkan oleh SKPD kepada Kuasa BUD. Penghematan menggunakan SP2D Online, cukup dengan tanda tangan elektronik sehingga mengurangi penggunaan kertas dan tinta," ungkapnya saat paparan di aula BPKAD.

BACA JUGA:1.590 Pelamar Nakes Berebut 813 Formasi P3K di Pemkab Brebes

Kemudahan lain penggunaan SP2D Online, lanjut Krisnita, menggunakan CMS 3 milik BPKP. Kemudian, validasi rekening Bank dilakukan pada tahap awal pembuatan SPP, sehingga jika terjadi kesalahan rekening dan nama pemegang rekening Bank, bisa dideteksi lebih dini di rana SKPD. Dengan begitu, dipastikan nomor dan nama pemegang rekening benar serta berstatus masih aktif.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Smartphone Terbaik Harga 2 Jutaan Tahun 2023

”Dengan SP2D Online, Bank Jateng tidak perlu menginput ulang data SP2D. Baik data belanja, potongan pajak maupun nomor rekening bank penerima pembayaran belanja daerah. Sehingga, nihilnya dobel entri data akan menghilangkan potensi kesalahan input data, dan laporan pembayaran belanja daerah akan lebih akuntabel,” ujarnya.

Dalam sambutannya, Staf Ahli Bupati menekankan perlunya inovasi pada era digitalisasi sekarang. Khususnya, dalam pelayanan publik, SP2D Online merupakan satu inovasi yang perlu didukung. Tujuannya, meningkatkan pelayanan publik di bidang keuangan, khususnya pada pembayaran belanja daerah. Termasuk, perwakilan BPKP Perwakilan Jawa Tengah Bapak Soleh yulianto menegaskan bahwa SP2D Online sudah diterapkan di banyak Pemda, dan Kabupaten Brebes termasuk daerah yang mau berinovasi dengan menerapkan SP2D Online pada proses pembayaran belanja daerahnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: