Inilah Penyebab AC cepat rusak dan pemborosan listrik yang Perlu Kamu Tau

Inilah Penyebab AC cepat rusak dan pemborosan listrik yang Perlu Kamu Tau

Inilah Penyebab AC cepat rusak dan pemborosan listrik yang Perlu Kamu Tau--

DISWAY JOGJA- Air Conditioner atau AC merupakan perangkat elektronik yang banyak digunakan di Indonesia, khususnya di daerah tropis seperti Jakarta. Fungsi iklim mendinginkan ruangan dan membuat hidup lebih menyenangkan. Namun, jika digunakan secara tidak benar, AC juga dapat menyebabkan tagihan listrik menjadi lebih tinggi.

BACA JUGA:AC Portable Ultra-Efisien 2023! Spesifikasi Terbaru dan Harga yang Kompetitif

Beberapa faktor dapat menyebabkan AC Anda cepat rusak dan membuang energi. Berikut ini beberapa:

1. AC tidak sesuai dengan ukuran ruangan

Kinerja AC harus disesuaikan dengan luas ruangan.Jika AC terlalu kecil untuk ruangan yang luas, maka harus bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan. Hal ini dapat menyebabkan AC cepat rusak dan boros listrik.

2. Suhu AC terlalu rendah

Jika suhu AC terlalu rendah, hal ini juga dapat menyebabkan listrik AC padam dengan cepat dan listrik padam. Suhu AC yang ideal adalah antara 23 hingga 25 derajat Celcius. Jika suhu AC terlalu rendah maka AC akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan ruangan.

3. Filter AC tidak dibersihkan secara teratur

Filter AC menyaring debu dan kotoran yang beterbangan di udara. Jika filter AC tidak dibersihkan secara rutin, debu dan kotoran akan menumpuk sehingga menyebabkan filter tersumbat. Hal ini dapat menyebabkan AC Anda tidak berfungsi maksimal dan boros listrik.

BACA JUGA:Inilah Keunggulan AC Portable dan Pilihan AC 1/2 PK Untuk Kebutuhan Ruangan Kecil yang Perlu Kamu Tau

4. AC sering dimatikan dan dihidupkan kembali

Sering menyalakan dan mematikan AC juga dapat menyebabkan AC cepat rusak dan boros energi. Ketika AC dimatikan, kompresor berhenti dan refrigeran kembali ke evaporator.Saat Anda menghidupkan kembali AC, kompresor harus bekerja lebih keras untuk memanaskan zat pendingin.

5. AC ditempatkan pada tempat yang salah

AC harus ditempatkan di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari langsung dapat menyebabkan AC Anda bekerja lebih keras dan membuang energi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: