Cara Mengatur Suhu AC agar Cepat Dingin Merata ke Seluruh Ruangan

Cara Mengatur Suhu AC agar Cepat Dingin Merata ke Seluruh Ruangan

Cara Mengatur Suhu AC Agar Cepat Dingin--

3. Turunkan Suhu Secara Bertahap

Banyak kali, kita seringkali memiliki kebiasaan untuk langsung menyetel suhu AC pada tingkat yang sangat rendah, yaitu sekitar 16-18°C. Ternyata, lho, hal tersebut tidak boleh dilakukan! 

Jika kita secara langsung mengatur AC pada suhu terendah, AC akan bekerja dengan intensitas yang lebih tinggi dan mengkonsumsi daya listrik yang lebih besar. Sangat tidak dianjurkan untuk melakukannya jika kamu sedang menghemat listrik. 

Menurunkan suhu perlahan dan bertahap merupakan pilihan yang lebih baik. Misalnya, untuk mencapai suhu yang diinginkan, turunkan suhu secara perlahan selama 10 menit sebesar satu derajat. 

4. Atur Fan Speed atau Kecepatan Kipas ke Maksimal

Biasanya, pengaturan kecepatan putaran kipas AC terdiri dari tiga tingkat, yaitu rendah, sedang, dan tinggi. Jika Anda ingin mencapai pendinginan ruangan AC yang cepat, atur kecepatan AC Anda pada tingkat tertinggi. Tidak hanya itu, cara ini juga mampu meningkatkan penghembusan udara AC secara lebih merata dan cepat. 

Tetapi, harap pastikan agar arah AC tidak langsung menghadap ke tubuh Anda, ya. Keadaan itu berpotensi menimbulkan gangguan pada kesehatan. 

5. Nyalakan Mode Swing

Jika ingin mendistribusikan udara dingin dengan cepat ke seluruh ruangan, kamu dapat mengaktifkan mode swing pada AC. Biasanya terdapat dua mode swing yang dapat Anda pilih, yaitu swing ke atas dan bawah serta ke kanan dan kiri. 

Kamu bisa nyalakan kedua mode itu sekaligus, jadi ruangan akan lebih cepat terasa sejuk. Dalam artikel ini, saya akan memberikan beberapa rekomendasi AC yang menawarkan fitur-fitur terbaik yang bisa Anda pertimbangkan.

BACA JUGA:Rekomendasi AC Portable yang Cocok Untuk Ruang Tamu

6. Hindari Menyalakan dan Mematikan AC Terlalu Sering

Untuk menghindari kebiasaan yang bisa merugikan, sebaiknya kita mengurangi frekuensi dalam menyalakan dan mematikan AC secara berulang. 

Banyak kali kita sengaja menghidupkan AC dengan suhu 16°C. Setelah itu, saat rasa kedinginan sudah terasa, kita akan segera mematikannya. Setelah itu, kita akan menyalakannya sekali lagi apabila udara mulai terasa panas. 

Dalam hal ini, cara tersebut akan menyebabkan AC bekerja dengan tingkat kerja yang berlebihan dan mengkonsumsi daya listrik yang semakin meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: