3 Penyebab AC Bocor dan Cara untuk Mengatasinya, Salah Satunya Disebabkan Oleh Hal Sepele!!

3 Penyebab AC Bocor dan Cara untuk Mengatasinya, Salah Satunya Disebabkan Oleh Hal Sepele!!

ilustrasi ac bocor yang menetes air pada unit indoor--Pinterest

Pada ac bocor biasanya bagian-bagian berikut tersumbat oleh debu karena tidak pernah dibersihkan. Diantaranya adalah filter udara, evaporator, talang air, saluran pembuangan, koil kondensor, dan lain-lain. Debu yang menempel tidak dibersihkan akan menjadi lumut dan menjadi penyebab kerusakan.

 

3. Kebocoran Freon

Freon merupakan senyawa kimia yang membantu ac dalam mengubah udara panas menjadi udara sejuk. Salah satu yang dapat mengakibatkan ac bocor adalah adanya kebocoran freon.

Kebocoran freon mengakibatkan bagian evaporator ac membeku, sedangkan udara yang dikeluarkan cenderung panas. Akibatnya air menetes dari evaporator yang membeku bertemu dengan udara panas. 

 

Cara Mengatasi AC Bocor

1. Jika telah mengetahui penyebab ac dirumah anda bocor diakibatkan oleh hal-hal teknis seperti pemasangan  ac yang kurang tepat, sehingga menyebabkan air tidak mengalir sempurna maka segeralah untuk menyesuaikan letak unit indoor dan unit out door ac.

2. Mencuci ac. Cobalah periksa kembali kapan terakhir kali anda mencuci ac, jika belum pernah sama sekali atau sudah lebih dari 4 bulan sebaiknya segera lakukan pembersihan agar debu yang menyumbat dapat terangkat.

3. Memperbarui komponen, langkah terakhir adalah mengganti komponen jika komponen yang tertanam tidak dapat lagi diperbaiki atau tidak cukup dengan dicuci. Misalnya seperti sudah mengalami karat atau isi ulang Freon.

BACA JUGA:10 Langkah Mencuci AC Dinding Dengan Peralatan Sederhana, Cara Murah Meriah Merawat AC di Rumah!!

Penutup

Sebagai penutup, sebaiknya agendakan kegiatan mencuci ac seperti mengagendakan menservice kendaraan bermotor karena penyebab kebocoran yang umum adalah debu yang menempel. Mencuci ac selain menghemat pengeluaran di kemudian hari, karena meminimalisir kerusakan, juga tidak susah-susah amat untuk dilakukan.

Selain dapat dilakukan dengan bantuan jasa teknisi juga dapat dilakukan dengan peralatan yang sederhana di rumah. Sehingga kasus ac bocor dapat dihindari. Cocok dengan pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati. 

Demikian penyebab ac bocor dan cara mengatasinya semoga bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: