3 Penyebab AC Bocor dan Cara untuk Mengatasinya, Salah Satunya Disebabkan Oleh Hal Sepele!!

3 Penyebab AC Bocor dan Cara untuk Mengatasinya, Salah Satunya Disebabkan Oleh Hal Sepele!!

ilustrasi ac bocor yang menetes air pada unit indoor--Pinterest

DISWAY JOGJA – Air conditioner atau ac merupakan mesin pendingin udara yang mampu menjaga kesejukan ruangan hingga suhu dibawah 20 derajat Celcius.

Meski demikian, terdapat beberapa hal yang perlu diamati agar performa ac terjaga. Bila tidak, akibatnya ac dapat mengalami kebocoran.

Ac bocor mengakibatkan penurunan performa kinerja, akibatnya ac tidak mengeluarkan udara dingin. Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya kebocoran pada ac. 

Bila ac rumahmu mengalami kebocoran tak perlu panik karena masih dapat diperbaiki. Cukup kenali penyebabnya. Penyebab yang sering terjadi adalah karena ac jarang dibersihkan. Debu yang menempel menjadi penyumbat.

Pada ac yang mengalami kebocoran umumnya masih dapat menyala. Namun, udara yang dikeluarkan biasanya tidak dingin tetapi hanya menyemburkan angin bahkan yang lebih parah udara hangat. Sehingga, ruangan justru dapat terasa lebih panas dari sebelumnya.

BACA JUGA:Rekomendasi 10 AC Termurah 2023, Tetap Nyaman di Musim Panas, Yuk Cobaain!

Berikut adalah penyebab ac bocor

1. Instalasi yang Kurang Tepat

Yang pertama adalah penyebab teknis, yaitu pemasangan ac yang kurang tepat. Dengan pemasangan yang tidak sempurna mengakibatkan terjadinya kebocoran pada saluran pembuangan. 

Ac bocor yang disebabkan oleh pemasangan yang tidak tepat dapat meliputi: ketinggian unit indoor dan out door yang tidak tepat, saluran pembuangan yang miring, ada baut yang tidak terpasang dengan kuat, dan lain-lain.

 

2. Tidak pernah atau jarang dibersihkan secara rutin

Pembersihan pada ac bertujuan untuk menghalau debu yang bersarang pada bagian-bagian saluran ac. Apabila debu yang menempel tidak dibersihkan dapat menyumbat saluran udara dan saluran pembuangan.

Jika sudah menyumbat, salah satu akibatnya adalah air yang seharusnya keluar melalui selang pembuangan dapat menetes di unit indoor ac. Jika sudah demikian, performa ac dalam menjaga kesejukan akan terganggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: