Perbandingan Freon AC R32, R22, R410A, dan R290, AC Kamu Pake yang Mana? Ada yang Sudah Dilarang Pemerintah!!

Perbandingan Freon AC R32, R22, R410A, dan R290, AC Kamu Pake yang Mana? Ada yang Sudah Dilarang Pemerintah!!

Jenis freon ac yang beredar di Indonesia--Pinterest

Berdasarkan data ODP, GWP, Cooling Index, dan Flammability maka dapat disimpulkan bahwa:

1. Dibandingkan dengan jenis freon lain, freon R32 lebih ramah lingkungan karena GWPnya lebih rendah.

2. Freon R32 memiliki cooling index yang lebih tinggi daripada jenis freon lain

3. Freon R32 memilki potensi terbakar bila dibandingkan dengan R22 dan R410A

4. Freon R290 merupakan yang freon yang paling ramah lingkungan, namun karena angka indeks dingin yang rendah dan tingkat terbakar yang tinggi penggunaanya sudah diberhentikan di Indonesia

 

Bagaimana Jika Mencampur Jenis Freon AC?

Ketika ac di rumah mengalami bocor freon atau kehabisan freon dalam kompresor sebaiknya isilah freon dengan jenis yang sama seperti sebelumnya. Jika tidak maka dapat mengakibatkan hal-hal berikut:

1. Overheat

Susunan senyawa yang berbeda mengakibatkan memiliki sifat yang mirip dengan air dan minyak, sehingga tidak dapat menyatu antara satu jenis freon dengan freon yang lain. Hal ini disebabkan oleh suhu duduk yang berbeda. 

Pencampuran freon dapat menyebabkan siklus temperatur pada unit AC yang berbeda-beda. Perbedaan ini akan menimbulkan suhu yang berlebih dan akibatnya sistem mengalami overheat. Jika hal ini terus berlangsung dapat membakar komponen ac seperti motor penggerak.

2. Merusak kompresor

Bahaya lain dari mencampurkan freon ac ialah dapat mengancam kompresor ac. Setiap freon memiliki tekanan yang berbeda, tekanan dua jenis freon yang tercampur beresiko menyebabkan kompresor dan coil terbakar karena tekanannya yang semakin tinggi. 

Lebih baik jika freon ac habis isi dengan freon yang satu jenis dengan seri freon bawaan dari unit ac. Sehingga dua hal diatas dapat diminimalisir.

Freon ac memiliki beragam jenis, namun yang beredar di Indonesia terdapat 4 jenis, yaitu R22, R290, R32, R410A. Dari ketiganya Freon R290 sudah diberhentikan peredarannya oleh pemerintah karena dinilai tidak ramah lingkungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: