Perbandingan Freon AC R32, R22, R410A, dan R290, AC Kamu Pake yang Mana? Ada yang Sudah Dilarang Pemerintah!!

Perbandingan Freon AC R32, R22, R410A, dan R290, AC Kamu Pake yang Mana? Ada yang Sudah Dilarang Pemerintah!!

Jenis freon ac yang beredar di Indonesia--Pinterest

DISWAY JOGJA – Refrigerant atau Freon merupakan salah satu komponen yang terdapat pada ac. Bagi kamu yang memiliki ac sebaiknya mengetahui beberapa komponen ac seperti freon karena freon salah satu komponen vital pada ac.

Freon sendiri merupakan senyawa kimia yang berbentuk gas yang memiliki fungsi sebagai pendingin. Cara kerjanya dimulai dari proses evaporasi secara terus menerus yang menghasilkan udara sejuk. Sistem ac, mengalirkan udara sejuk tersebut. Cara kerja ini juga dilakukan pada lemari pendingin, atau yang kita kenal dengan kulkas.

Pada 2015 pemerintah Indonesia mengeluarkan aturan terkait penggunaan freon. Isinya pelarangan terkait penggunaan Freon R22 paca ac. Freon R22 dinilai memiliki tidak ramah lingkungan karena dapat merusak lapisan ozon.

Akibatnya ac yang diproduksi pada Januari 2015 sudah tidak menggunakan freon R22. Meski demikian, pemerintah masih memperbolehkan penjualan stok ac dengan freon R22 yang sudah dibuat hingga tahun 2030.

Bagi konsumen, penting untuk mengetahui informasi berikut agar tidak salah pilih ketika hendak membeli unit ac karena dapat menjadi masalah dikemudian hari. Sesuai dengan instruksi pemerintah, maka ac dengan freon R22 tidak memiliki umur pakai yang panjang. Apalagi ac dengan freon R22 tidak dapat diisi dengan dengan jenis freon lain.

Perbedaan Freon R22, R32, R410A, dan R290

Jenis Freon

ODP

GWP

Cooling Index

Flammability

R22

0.05

1700

100

Tidak

R290

Alami

-20

83

Tinggi

R32

0

704

160

Rendah

R410A

0

2000

92

Tidak

 

Ozone Depletion Potential (ODP)

Secara hariah ODP berarti Potensi Penipisan Ozone. ODP merupakan ukuran relatif degradasi lapisan ozon yang disebabkan suatu senyawa. Nilai maksimum ODP adalah 1. Semakin rendah nilainya maka semakin baik.

Global Warming Potential (GWP) 

Potensi Pemanasan Global atau GWP merupakan ukuran dari efekpemanasan global relatif dari berbagai gas. Semakin tinggi nilai GWP, semakin spesifik gas menghangatkan bumi dibandingkan dengan karbon dioksida. Karena hal tersebut GWP berkontribusi pada pemanasan bumi akibat panas yang terjebak di dalam atmosphere sehingga terjadi apa yang disebut pemanasan global.

Cooling Index dan Flmamability.

Cooling incex merupakan atau angka index tingkat kedinginan. Semakin tinggi angkanya maka semakin baik kemampuan dalam mendinginkan ruangan. Sedangkan flammability merupakan tingkat mudahnya freon terbakar.

Kesimpulan dari tabel tersebut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: