Kupas Tuntas Kekurangan AC portable! Kamu Wajib Tau Simak Terus Artikel Ini Jangan Sampai Skip!

Kupas Tuntas Kekurangan AC portable! Kamu Wajib Tau Simak Terus Artikel Ini Jangan Sampai Skip!

AC portable merupakan AC yang mempunyai sistem tertutup sehingga tidak memerlukan saluran pembuangan untuk mengeluarkan udara secara terpisah.--

DISWAY JOGJA - AC portable merupakan AC yang mempunyai sistem tertutup sehingga tidak memerlukan saluran pembuangan untuk mengeluarkan udara secara terpisah.

Berbeda dengan AC konvensional karena tidak adanya kondensor untuk mengeluarkan udara panas. Hal ini membuatnya berbeda dengan AC pada umumnya karena tidak adanya mesin unit outdoor tempat membuang udara panas. AC portabel merupakan alternatif yang lebih nyaman dan mudah digunakan dibandingkan AC built-in atau sistem split, terutama bagi mereka yang tinggal di  apartemen sewaan, kondominium atau kamar sewaan serta mereka yang biasanya sering bepergian dan mempunyai kebutuhan. Pendingin ruangan (AC) di tempat mereka tinggal

AC Portable mempunyai kelebihan seperti mudah dibawa, mudah digunakan, hemat energi, harga terjangkau, pemasangan mudah, perawatan mudah dan multifungsi dan fitur-fitur yang canggih terlebih lagi mudah untuk dipindahkan keruangan lain tanpa harus kerepotan.

Banyak yang membahas kelebihan dan keunggulan dari alat pendingin ruangan Portable ini dan sekarang kita akan mengupas tuntas apa saja sih kekurangan AC Portable?.

BACA JUGA:Keren! Ini 7 Keunggulan Dari AC Portable Yang Wajib kamu Tau! Simak Ulasannya Dibawah Ini

1. Efesiensinya Masih Tergolong Rendah

Yang pertama kekurangan AC portable seringkali dianggap tidak efektif mendinginkan ruangan karena udara dingin yang dihasilkannya sering kali keluar bersamaan dengan udara panas yang keluar melalui knalpot. Selanjutnya ruangan juga harus menyedot udara segar dari luar untuk menggantikan udara yang dikeluarkan oleh AC. Artinya AC akan terus memproses udara baru yang  masuk sehingga meningkatkan konsumsi energi.

2. Rawan Sekali Mengalami Kerusakan

Kekurangan AC ini selanjutnya adalah mudah rusak dan jauh lebih rentan rusak dibandingkan AC biasa
Hal ini dikarenakan unit AC lebih sering dipindahkan dan rentan terhadap perpindahan dan kerusakan. Salah satu penyebab utama rusaknya pendingin ruangan portable adalah kurangnya perawatan. Perawatan rutin, seperti membersihkan filter udara dan menghilangkan kotoran dari peralatan, dapat mencegah penyumbatan yang menyebabkan penurunan kinerja dan efisiensi energi. Pastikan untuk membersihkan atau menggantinya secara berkala agar AC anda tidak mudah rusak. Dan masih banyak lainnya.

BACA JUGA:Bingung Pilih AC Split atau AC Portable? Ini dia Perbedaannya!

3. Memakan Daya Listrik Yang Terlalu Besar

Meski membantu menghemat tagihan listrik, namun jumlah listrik yang dibutuhkan mesin ini masih sangat tinggi.
Padahal kapasitasnya jauh melebihi listrik AC konvensional, jadi sebaiknya jangan terlalu sering menyalakannya. Dan juga jangan terlalu sering menghidupkan dan mematikan AC. Kenapa?, karena listrik akan terbuang lebih banyak. Sebab hal ini menambah beban kompresor pada AC ketika dihidupkan kembali. Jadi jika Anda merasa terlalu dingin,  naikkan saja suhunya.

4. Suara Yang Berisik

Meskipun AC portable mempunyai banyak kelebihan, namun juga mempunyai berbagai kelemahan. Kerugian pertama dari AC ini adalah lebih berisik dibandingkan AC biasa. Saat digunakan, mesin  ini akan mengeluarkan suara keras akibat kompresor yang terpasang pada AC. Jarang ditemukan pada AC konvensional karena motor diproduksi terpisah.

BACA JUGA:3 Air Cooler Pilihan yang Dingin dan Berkualitas, Lebih Murah dan Hemat Listrik dari AC Portable!!!

5. Membutuhkan Area Pembuang Udara Panas

Sama seperti  AC biasa, pendingin ruangan portable juga memerlukan ruangan untuk mengeluarkan udara panas. Ventilasi udara panas dapat ditemukan di bagian belakang mesin ini. Karena terintegrasi, posisi AC harus diatur agar udara dingin dan panas yang dikeluarkan dari unit ini tidak bercampur.

6. Kapasitasnya Masih Tergolong Rendah Dibandingkan Dengan AC built-in

AC portabel seringkali memiliki pilihan kapasitas yang lebih kecil dibandingkan AC built-in. Contohnya adalah AC portable Gree yang memiliki dua pilihan yaitu kapasitas 1 PK dan kapasitas hanya 1/5 Pk.

Demikian yang bisa saya sampaikan mengenai kekurangan dari AC portable semoga apa yang di sampaikan di atas bisa bermanfaat terimakasih.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: