Sambut Indonesia Emas 2045, Sejumlah Pengusaha Kumpul di Jogjakarta

Sambut Indonesia Emas 2045, Sejumlah Pengusaha Kumpul di Jogjakarta

Pengusaha berkumpul di Jogjakarta, berdiskusi sambut Indonesia Emas 2045.-DOK.-

DISWAYJOGJA – Sejumlah pengusaha berkumpul di Jogjakarta. Para pemimpin perusahaan itu berdiskusi mengembangkan usaha menyambut peluang menyongsong Indonesia Emas 2045. Diskusi tersebaut dikemas dengan diskusi panel CEO Insight di Royal Ambarrukmo, Jogjakarta, Jumat (13/10/2023).

BACA JUGA:Lagi Viral! Begini Review AC Portable Daya Rendah yang Bikin Banyak Orang Tertarik

Dalam kesempatan itu, CEO Warta Ekonomi Group Muhamad Ihsan menyebut, penting bagi para pemimpin perusahaan untuk berdiskusi mengembangkan usaha ke depan. Menurut dia, dengan bertumbuhnya ekonomi Indonesia di atas 5 persen selama 7 kuartal beruntun memberikan harapan dan dorongan bagi keberhasilan visi Indonesia Emas 2045 yang akan dicapai. ”Tujuannya untuk membantu pemerintah mewujudkan Indonesia Emas pada 2045 mendatang,” kata Muhamad Ihsan.

Muhamad Ihsan merinci, pemerintah berhasil menorehkan prestasi dalam pertumbuhan ekonomi. Hal itu juga dibuktikan dengan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) yang mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal-II 2023 sebesar 5,17 persen year on year (YoY) dan 3,86 persen quartal to quartal (QtQ). ”Pertumbuhan ekonomi usaha dan peran pemerintah dalam mengendalikan inflasi," tambah Ihsan.

BACA JUGA:KA 17 Argo Semeru Anjlok di Kulon Progo, 9 Perjalanan Dialihkan ke Jalur Utara

Hadir dalam kesempatan itu, Direktur Perencanaan Makro Otorita IKN Agustomi Masik menyampaikan, 80 persen pembangunan IKN dari total anggaran Rp466 triliun akan didapatkan dari swasta. ”Saat ini investasi sebesar Rp20 triliun sudah masuk dan seluruhnya dari investor lokal,” sebut Agustomi.

Agustomi menyebut, meski IKN sempat dipandang pesimistis oleh sebagian masyarakat, keberadaannya terus berkembang. Agustomi, memberikan contoh pada era 80-an area lingkar Jakarta jadi bagian terpisah dan tak diminati, tapi kini menjadi satu yang tak terpisahkan menunjang DKI.

”IKN menggeser pusat ekonomi lebih ke tengah agar lebih dekat ke Indonesia timur. IKN ini kolaborasi pemerintah, swasta dan masyarakat," tandas Agustomi.

BACA JUGA:Rekomendasi 10 Merk AC Terbaik Tahun 2023 yang Aman Bagi Kesehatan

Hadir pula Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia (Kadin) DIJ Robby Kusumaharta. Robby menjelaskan, dalam pengembangan investasi dan pertumbuhan ekonomi, Jogjakarta dinilai menjadi contoh tepat dan ideal. ”Setelah ada bandara baru, kita terus bergerak dengan memberi pelatihan-pelatihan 3 in 1 pada banyak sektor,” papar Robby.

Robby mengakui, pelatihan itu tidak hanya fokus pada keterampilan semata. Namun menyangkut peningkatan soft skill dan kemampuan lain yang dibutuhkan industri. ”Kadin bersama dinas terkait juga membentuk forum komite untuk meningkatkan kualitas SDM DIJ,” kata Robby. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: