8 Tips Penggunaan AC yang Efektif pada Saat Cuaca Panas

8 Tips Penggunaan AC yang Efektif pada Saat Cuaca Panas

Tips Penggunaan AC yang Efektif Pada Saat Cuaca Panas --

DISWAY JOGJA - Suhu udara yang terus-menerus meningkat tentunya akan membuat penggunaan Air Conditioner (AC) atau pendingin ruangan di rumah menjadi lebih intensif.

Untuk menjaga kinerja AC agar tetap optimal dan awet saat digunakan, pastinya perawatan secara berkala sangat hendaknya selalu dijadwalkan.

Hal ini sangat relevan, terutama mengingat cuaca panas yang belakangan ini melanda Indonesia. Misalnya, suhu di Jawa Tengah baru-baru ini mencapai 24 sampai dengan 34 derajat Celcius, seperti yang kami kutip dari situs resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Untuk menjaga agar AC Anda tidak bekerja secara berlebihan dan kompressor rusak, ada beberapa tips dan metode yang bisa Anda aplikasikan. kami merangkumnya dalam delapan poin penting berikut ini.

BACA JUGA:Ingin Tidur Lebih Pulas? Gunakan AC Portable Mini untuk Kamar yang Lagi Viral

Tips menggunakan AC di cuaca panas agar efektif

1. Atur Suhu Ruangan yang Ideal

Mengendalikan suhu pada AC harus dilakukan dengan bijak. Jangan terlalu mementingkan kenyamanan diri dengan terus memasang suhu AC rendah. 

Cobalah atur suhu ruangan beberapa derajat lebih tinggi dari yang diinginkan. Misalnya, jika Anda ingin suhu ruangan 20 derajat Celcius, atur menjadi 23 derajat Celcius. 

Metode ini akan membantu AC bekerja lebih efektif tanpa harus bekerja lebih keras.

2. Pasang Termostat Cerdas

Melengkapi AC dengan termostat pintar bisa menjadi pilihan tepat. Dengan alat ini, AC akan secara otomatis mengatur suhu berdasarkan waktu dan keadaan ruangan. 

Bahkan, termostat pintar bisa diatur dari jarak jauh menggunakan aplikasi atau perangkat asisten suara seperti Google Home dan Alexa.

3. Penempatan Termostat yang Tepat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: