Tetap Hemat Listrik Meskipun Pakai AC Non-Inverter, Begini Langkah-langkahnya...

Tetap Hemat Listrik Meskipun Pakai AC Non-Inverter, Begini Langkah-langkahnya...

tetap hemat listrik meski menggunakan ac non inverter--pin

Bagi ac konvensional maupun ac low watt cara ini dapat digunakan karena tidak memiliki teknologi inverter.

 

2. Suhu konstan

Membantu menjaga kesejukan suhu di ruangan dengan menon-aktifkan benda-benda penghasil panas di rumah seperti televisi, komputer, lampu, setrika, dan kompor. 

Gunakan alat-alat tersebut dengan bijak, misalnya menggunakan setrika untuk beberapa baju sekaligus, dan menempatkan kompor pada ruangan lain atau jika tidak pada ruangan lain setidaknya memberikan sekat dengan baik. 

Sehingga dengan penempatannya pada ruangan tertentu suhu panas tidak bercampur dengan suhu dingin dari proses pendinginan oleh ac ruangan.

Dengan kondisi ruangan yang demikian, cukup pilih suhu pada temperatur yang tetap seperti pada angka 22-24 derajat Celcius ruangan sejuk dengan mudah.

 

3. Perawatan rutin

Dengan cara kerja ac yang mengalirkan udara panas dan udara sejuk diikuti dengan debu-debu pada udara sehingga biasanya filter atau penyaring udara menjadi kotor.

Jika filter udara kotor, otomatis kinerja kompresor lebih berat karena ecara tidak langsung aliran udara menuju kompresor menjadi tersumbat oleh debu pada filter udara.

Akibatnya, ac terasa tidak dingin karena kinerjanya tidak optimal meskipun kompresor sudah bekerja secara keras. Untuk menghindari hal ini sebaiknya lakukan perawatan rutin setidaknya dengan mencucui filter selama 3 bulan sekali.

 

4. Bantu dengan kipas angin

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menghemat ac non-inverter ialah dengan menyalakan kipas angin dan ac secara bersamaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: