Lebih Bagus Mana? Ini 5 Perbedaan AC Inverter dan AC Split yang Wajib Kamu Tahu

Lebih Bagus Mana? Ini 5 Perbedaan AC Inverter dan AC Split yang Wajib Kamu Tahu

Inverter atau Split, lebih bagus mana antara keduanya? Ini perbedaannya--

Jika ditanya soal siapa yang mampu dingin lebih cepat, AC Inverter lah pemenangnya. Kapasitas pendinginan dari AC Inverter ada di angka 130 persen, jelas lebih cepat daripada AC Split.

BACA JUGA: Begini Cara mengetahui AC Hemat Daya Listrik, Ternyata Cukup Lihat Sticker Ini...

Suhu dingin yang dikeluarkan dari AC Inverter akan bertahan lebih lama daripada AC Split. Jika titik dingin sudah tercapai, kompresor AC Split akan berhenti beroperasi.

4. Freon yang Dipakai

Freon yang dipakai pada AC Inverter diklaim lebih ramah lingkungan. Jenis freon yang dipakai adalah R32 yang mana tidak akan merusak lapisan ozon di sekitarnya.

Namun meskipun ramah lingkungan, Freon R32 mempunyai Cooling Index yang paling tinggi dibanding jenis freon yang ada pada jenis AC lain.

Dampak positifnya adalah membuat AC tidak mudah meledak, namun memang dari segi harga bisa dibilang lebih mahal dibandingkan yang lainnya.

5. Harga Produk

AC Inverter menawarkan fitur yang lebih kekinian dan modern, maka dari itu harganya cenderung lebih mahal dari AC Split bahkan bisa dua kali lipatnya.

Selain karena fitur, Freon pada AC Inverter dikatakan lebih aman dan ramah lingkungan serta teknologi yang ada pada AC Inverter menjadi nilai lebih di antara keduanya.

BACA JUGA: Perbandingan AC Gree vs Daikin: Harga, Fitur, dan Performa, Mana yang Cocok Untuk Anda?

Meskipun AC Inverter punya harga yang setara dengan dua unit AC Split, manfaatnya secara jangka panjang jauh lebih besar. Contohnya dari penggunaan listrik yang jauh lebih hemat.

 

Dari ulasan diatas, bisa dikatakan jenis AC Inverter lebih rekomendasi untuk dibeli di era sekarang ini. Meskipun harganya lebih mahal ketimbang AC Split, konsumsi dayanya jauh lebih hemat serta lebih ramah lingkungan.

Dari sisi lain, AC Split juga tidak bisa dianggap angin lalu. Selain harganya murah, penggunanya juga masih cukup banyak di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: