Awasi Kehadiran Siswa lewat Digital, MTs N 5 Sleman Gunakan Presensi Barcode

Awasi Kehadiran Siswa lewat Digital, MTs N 5 Sleman Gunakan Presensi Barcode

MTsN 5 Sleman mencoba beinovasi melakukan pengawasan kahdiran siswanya dengan tidak meninggalkan perkembangan teknologi. -DOK.-

SLEMAN – DISWAYJOGJA- MTs N 5 Sleman mencoba beinovasi melakukan pengawasan kahdiran siswanya dengan tidak meninggalkan perkembangan teknologi. Yakni penggunaan presensi menggunakan Barcode/QR-Code. Inovasi tersebut diterapkan MTsN 5 Sleman sebagai pengganti presensi manual.

BACA JUGA:Ini Dia Harga AC Portable Murah 2023, Dibawah 1 Jutaan Lho!

Presensi barcode berfungsi sebagai pengganti presensi manual. Barcode termasuk solusi yang mempermudah mengawasi kehadiran siswa di sekolah. ”Selain paperless, dengan sistem barcode ini menunjukkan bukti MTsN 5 Sleman sebagai madrasah digital,” kata Kepala MTsN 5 Sleman Busyroni Majid, Rabu, 11 Oktober 2023. ”Harap semua wali kelas dan BK untuk mengawal program ini, inovasi ini sudah sangat membantu, digitalisasi harus dipercepat,” imbuh Busyro.

BACA JUGA:5 Daftar AC Portable Hemat dan Murah Di bawah 1 juta! Simak Ulasannya di bawah ini

Busyro mengatakan, presensi barcode sebagai solusi presensi yang selain mudah, murah, efesien, transparan dan akuntabel. Dengan demikian, kehadiran siswa dapat dimonitoring oleh guru cukup dengan menggunakan gawai. Dengan aplikasi scan barcode yang ada di smartphone, seluruh siswa dapat melakukan presensi langsung ketika sudah sampai di sekolah.

BACA JUGA:Tagihan Listrikmu Membengkak? Terapkan 5 Tips Ini dalam Penggunaan AC di Rumahmu

Seorang Wali Kelas Fety Risdiyati mengapresiasi program presensi digital bagi peserta didik. Menurut dia, program tersebut sangat efektif dan luar biasa. ”Karena inovasi ini semua wali kelas dan guru dapat melakukan monitoring bersama kehadiran peserta didik di madrasah,” ujarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: