Keren! 77 Kepsek Digembleng Kompetensi Kepemimpinan dan Manajerial

Keren! 77 Kepsek Digembleng Kompetensi Kepemimpinan dan Manajerial

Puluhan peserta Diklat terbagi tiga kelas mengikuti materi ruang dari narasumber Dindikpora Jepara, Kudus dan Tegal.-Syamsul Falak-jogja.disway.id

BREBES, DISWAY JOGJA - Sebanyak 77 kepala sekolah negeri, mendapat pengalaman meningkatkan kompetensi kepemimpinan dan manajerial. Bahkan, semuanya wajib menjalani kelas belajar pendidikan dan latihan khusus bagi kepala sekolah tersebut selama bulan Oktober.

Tujuannya, memberikan pemahaman mendalam tentang peran kepala sekolah dalam mengelola dan memanajemen dengan baik. Hal itu, terungkap saat puluhan peserta Diklat kepsek mengikuti kelas di SDN 1 Brebes, Jum'at 6 Oktober 2023k

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Brebes Caridah melalui Kabid Pendidik dan Tenaga Kependidikan Riyanto menjelaskan, dari total 77 Kepsek yang mengikuti Diklat kepemimpinan dan manajerial kepala sekolah terbagi menjadi dua. Yakni, 58 Kepsek dari SD dan 9 SMP negeri di Kabupaten Brebes. Sedangkan, 10 kepsek sisanya merupakan kepala SD negeri dari Kota Tegal.

BACA JUGA:KUR BRI 2023 Sangat Cocok Bagi UMKM yang Ingin Berkembang

"Penyelenggara dan pelaksanaan Diklat leadership dan manajerial kepsek, difasilitasi Balai Besar Guru Penggerak Provinsi Jawa Tengah," ungkapnya.

Dalam Diklat leadership dan manajerial, lanjut Riyanto, sejumlah narasumber berkompeten dihadirkan. Yakni, dari Dindikpora Kabupaten Kudus, Dindikpora Kabupaten Jepara dan

Dinas Pendidikan Kabupaten Tegal. Tujuannya, semua peserta Diklat sekaligus kepsek mampu memahami tentang peran kepala sekolah. Khususnya, dalam mengelola sekolah dengan baik, memberikan kemampuan kepemimpinan yang efektif. Sehingga, dapat menciptakan lingkungan sekolah yang inklusif, inspiratif dan berorientasi pada prestasi.

BACA JUGA:Cukup Siapkan HP Saja: Pinjam KUR Mandiri Rp 10 Juta Sekarang Bisa dari Rumah, Simak Caranya!

"Yang terpenting, kuncinya meningkatkan kompetensi kepimpinan dan manajerial kepala sekolah sesuai kebijakan Kemendikbudristek. Termasuk, mampu berinteraksi teknologi untuk beradaptasi dengan perubahan global," ujarnya.

BACA JUGA:Pengajuan KUR BSI agar cepat cair, Simak dan Pahami Langkahnya!

Riyanto menuturkan, sejumlah materi yang disampaikan meliputi penjelasan teknis peningkatan kompetensi manajerial kepala sekolah, pengembangan kurikulum operasional satuan pendidikan, Kepemimpinan Pembelajaran untuk Profil Pelajar Pancasila, Coaching dalam Supervisi Akademik, pengelolaan Manajerial, pengembangan kewirausahaan, rencana tindak kepemimpinan, termasuk tes awal dan tes akhir sebagai rangkaian tahap evaluasi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jogja.disway.id