Mengapa AC Bocor dan Tidak Dingin? Inilah Penyebab dan Solusinya!

Mengapa AC Bocor dan Tidak Dingin? Inilah Penyebab dan Solusinya!

mengapa AC bocor dan tidak dingin? inilah penyebab dan solusinya!--art piscart

DISWAYJOGJA.ID - Menggunakan AC adalah salah satu cara yang nyaman untuk menjaga suhu ruangan tetap sejuk saat cuaca panas. Namun, terkadang Anda mungkin mengalami masalah dengan AC yang tidak lagi menghasilkan udara dingin, atau bahkan meneteskan air. Masalah ini bisa menjadi tanda bahwa AC Anda bocor. Oleh karena itu, perawatan dan servis berkala sangat penting untuk menjaga AC berfungsi dengan baik.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa penyebab umum mengapa AC bisa bocor dan cara mengatasinya.

1. Filter AC Kotor dan Tersumbat

Salah satu penyebab paling umum dari AC yang bocor adalah filter AC yang kotor dan tersumbat oleh debu dan kotoran. Ketika filter AC kotor, aliran udara menuju evaporator AC menjadi terhambat. Hal ini mengakibatkan suhu di dalam evaporator turun, dan air yang mengembun akan membeku. Ketika air ini akhirnya meleleh, AC akan meneteskan air dalam jumlah yang berlebihan pada unit dalam AC.

BACA JUGA:Penyebab AC Tidak Dingin, Akibat Freon Habis hingga Ukuran yang Salah

Solusinya cukup sederhana, yaitu melakukan perawatan berkala pada AC Anda. Mintalah seorang teknisi AC untuk membersihkan filter dan seluruh unit AC dari debu dan kotoran sehingga aliran udara bisa kembali lancar.

2. Saluran Pembuangan Tersumbat

Masalah ini hampir mirip dengan penyebab pertama. Banyaknya debu dan kotoran dalam AC dapat menyumbat saluran pembuangan. Jika saluran pembuangan terblokir atau penuh, maka air yang harusnya dibuang oleh AC akan terhambat dan akhirnya menetes atau bahkan dibuang kembali ke dalam ruangan.

3. Kompresor AC Rusak

Kompresor yang rusak adalah salah satu penyebab umum AC tidak dingin. Seperti halnya di lemari es, kompresor AC yang rusak akan mengakibatkan AC tidak dapat menghasilkan udara dingin dengan baik. Kompresor yang rusak mengganggu aliran air yang seharusnya digunakan untuk mendinginkan udara, sehingga air akan menetes.

BACA JUGA:Pengen AC yang Nggak Berisik? Samsung WindFree Ultra Solusinya! Simak Ulasan serta Fiturnya Disini

4. Koil Kondensor AC Bocor

Penyumbatan debu atau kotoran pada unit kondensor AC yang terletak di luar rumah atau ruangan juga bisa menjadi penyebab AC bocor. Kondensor ini berperan penting dalam menyerap panas dari dalam ruangan dan mengeluarkannya ke luar. Jika kondensor tersumbat, efisiensi AC akan menurun, dan air bisa menetes.

5. Instalasi AC yang Miring

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: