Jangan Sampai Salah Beli! Simak Dahulu 7 Perbedaan Smart TV dan Android TV

Jangan Sampai Salah Beli! Simak Dahulu 7 Perbedaan Smart TV dan Android TV

Jangan Sampai Salah Beli! Simak Dahulu 7 Perbedaan Smart TV dan Android TV-assets jogja.disway.id-canva.com

DISWAY JOGJA - Kamu ingin membeli televisi? Namun sayangnya keputusan membeli televisi tidak lagi semudah dulu. Dengan perkembangan teknologi, kita kini ditawari dengan dua opsi pilihan yaitu Smart TV dan Android TV. Meski keduanya tampak sama jika dilihat dengan sekilas, namun keduanya memiliki banyak perbedaan. Oleh karena itu, penting Kamu untuk memahami kedua jenis teknologi televisi ini sebelum memutuskan mana yang lebih cocok untuk dibeli.

Apa Itu Smart TV dan Android TV?

Pada dasarnya, Smart TV adalah televisi yang dapat terkoneksi ke internet dan membantu kita dalam menikmati berbagai tayangan streaming seperti Netflix dan YouTube langsung dari layar besar di rumah. Dengan kata lain, Smart TV adalah 'televisi pintar' yang dapat menayangkan acara digital dari berbagai aplikasi.

Android TV pada sisi lain adalah sejenis Smart TV yang memiliki fungsi yang sama pada televisi umumnya, hanya saja sistem operasinya berbasis Android. Penggunaan sistem operasi Android di sini membuka peluang lebih banyak pengaturan dan penyesuaian.

Setelah memahami definisi dasar kedua jenis televisi ini, kita dapat melihat lebih jauh perbedaan di antara keduanya.

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah Beli! Simak Dahulu 7 Perbedaan Smart TV dan Android TV

1. Tampilan

Smart TV memiliki tampilan yang sederhana dan mudah dipahami, sangat mirip dengan televisi tradisional yang telah kita kenal selama ini.Namun, jika Kamu membuka Android TV, tampilannya akan terasa lebih kompleks dan modern, sangat mirip dengan pengalaman menggunakan smartphone Android.

2. Pengaturan

Smart TV tidak membutuhkan banyak pengaturan. Mereka biasanya siap pakai begitu keluar dari kotak pengemasan. Android TV, sebaliknya, memungkinkan Kamu untuk melakukan lebih banyak penyesuaian, meskipun memerlukan usaha lebih.

3. Aplikasi

Dalam hal aplikasi, Android TV memiliki keunggulan lebih karena ia memungkinkan Kamu untuk menambah dan menghapus aplikasi sesuai kebutuhan melalui Google Play Store. Di lain sisi, Smart TV biasanya hanya menyediakan aplikasi bawaan dan tidak memungkinkan Kamu untuk menambahkan aplikasi lain.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Smart TV Murah Dibawah 2 Juta, Ada yang Khusus untuk Gaming

4. Sistem Operasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: