Bahaya Banget! Hindari 7 Kesalahan Fatal ini saat Melakukan Pinjol

Bahaya Banget! Hindari 7 Kesalahan Fatal ini saat Melakukan Pinjol

Kesalahan fatal saat melakukan pinjol yang sangat berbahaya -Disway-Foto Pribadi

DISWAYJOGJA.ID - Pinjaman online, atau biasa disebut Pinjol kian digemari banyak orang sebagai solusi saat membutuhkan dana cepat tanpa proses persetujuan yang rumit.

Namun dibalik kemudahannya, ternyata ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh peminjam dan berdampak negatif dan sangat berbahaya bagi keuangan dan kesejahteraan mereka sendiri.

Agar terhindar dari bahaya ini, berikut diswayjogja rangkum 7 kesalahan fatal yang sering dilakukan saat pinjol, simak sampai selesai!

1. Mengabaikan Ketentuan dan Persyaratan

Kesalahan saat melakukan pinjol yang pertama adalah mengabaikan syarat dan ketentuan pinjol itu sendiri. Padahal, sebelum mengajukan pinjol, seseorang diharuskan untuk membaca dan memahami semua ketentuan dan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak terkait tanpa terkecuali.

Melakukan kesalahan semacam ini sangat merugikan bagi peminjam, bahkan pada akhirnya dapat menyebabkan masalah seperti penalti atau biaya tambahan yang tidak terduga. Harus teliti banget nih!

BACA JUGA:10 Pinjol Terbaik Cepat Cair dengan Bunga Rendah dan Terdaftar OJK, Dijamin Aman!

2. Tidak Membandingkan Bunga dan Biaya Layanan

Kesalahan fatal saat melakukan pinjol selanjutnya ialah tidak membandingkan suku bunga dan biaya layanan dari beberapa penyedia pinjol sebelum memilih yang terbaik.

Perlu diketahui, setiap pinjol tentu memiliki kebijakan dan syarat yang berbeda-beda antara satu dengan lainnya. Sehingga sangat penting untuk mempertimbangkan semua faktor ini sebelum memutuskan penyedia pinjol manakah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial pengguna. Agar nantinya proses pinjol berjalan lancar dan tidak menyusahkan.

3. Meminjam Lebih dari yang dibutuhkan

Salah satu bentuk keserakahan yang sering terjadi dalam pinjol adalah meminjam lebih dari yang dibutuhkan. Sekalipun kamu berkemampuan mendapatkan dana lebih besar, namun hal ini akan berdampak pada cicilan bulanan yang semakin membesar dan harus dilunasi. 

Karenanya, usahakan meminjam dengan jumlah cukup sesuai nominal kebutuhan yang mendesak dan kemampuan finansialmu.

BACA JUGA:5 Dampak Gagal Bayar Pinjol yang Harus Dihindari

4. Tidak Mengatur Anggaran

Memang, pinjol dapat dikatakan sebagai alat yang berguna dalam situasi darurat atau kebutuhan mendesak. Namun, bila tidak dikelola dengan baik, pinjol dapat menyebabkan masalah keuangan yang serius.

Dalam melakukan pinjol, seseorang seringkali tidak mengatur anggaran untuk membayar cicilan pinjol secara teratur yang akan menyulitkan dirinya dikemudian hari. Karenanya, sangat penting untuk membuat perencanaan keuangan yang matang dan memprioritaskan pembayaran pinjol sebagai bagian dari anggaran setiap bulan.

5. Memilih Jangka Waktu yang Salah

Memilih jangka waktu pinjaman yang salah dan tidak sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial dapat menjadi kesalahan fatal saat melakukan pinjol loh. Oleh karenanya, perhitungkan secara tepat dan hati-hati tentang berapa lama kamu bisa membayar cicilan tanpa menyebabkan tekanan keuangan yang justru membebankan. 

Umumnya, memilih jangka waktu pinjaman yang lebih pendek akan meningkatkan biaya cicilan bulanan dengan bunga yang lebih hemat. Sebaliknya, memilih jangka waktu yang lebih panjang akan mengurangi biaya cicilan bulanan namun akan lebih banyak pula bunga yang harus dibayarkan.

BACA JUGA:Butuh Pinjaman Cepat? Ini Dia 5 Aplikasi Pinjol yang Tawarkan Bunga Sangat Rendah

6. Mengabaikan Keterlambatan Pembayaran

Ketika nantinya kamu tidak dapat membayar cicilan pinjol tepat waktu, penting untuk tidak mengabaikan keterlambatan pembayaran ya. Ini menjadi kesalahan fatal yang sering dilakukan saat melakukan pinjol tanpa tahu konsekuensi yang akan didapatkan.

Saat seseorang mengabaikan keterlambatan pembayaran, pinjol dapat memberlakukan denda atau bunga tambahan yang dapat berdampak negatif pada keuangan loh. Baiknya, komunikasikanlah secara terbuka dengan pihak pinjol jika ada situasi yang mengharuskanmu membayar cicilan lebih lambat dari jadwal yang ditetapkan.

7. Meminjam dari Pinjol yang Tidak Terpercaya atau Ilegal 

Kesalahan fatal yang terakhir dan paling berbahaya lainnya adalah meminjam dari penyedia pinjol yang tidak terpercaya atau ilegal. Pinjaman online ilegal sering kali menawarkan syarat-syarat mudah dengan keuntungan yang tidak masuk akal. Beberapa diantaranya bahkan sering kali melibatkan praktik penagihan yang tidak adil. Serem ngga sih?

Oleh karena itu, pastikan untuk selalu memilih pinjol yang terdaftar dan memiliki reputasi yang baik, baik dengan melihat ulasan pengguna lain atau mencari pendapat dari pihak yang terpercaya. Akan lebih baik jika kamu memilih pinjol dibawah pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan)

BACA JUGA:Penting! Cermati Perbedaan dan Ciri-Ciri Pinjol Legal dan Ilegal Terbaru 2023

Nah, demikian 7 kesalahan fatal saat melakukan pinjol. Menghindari kesalahan-kesalahan fatal tersebut penting dilakukan untuk menjaga keuangan dan kesejahteraan dirimu sendiri.

Dengan membandingkan bunga dan biaya layanan, memahami ketentuan dan persyaratan, mengontrol jumlah pinjaman, mengatur anggaran, memilih jangka waktu yang sesuai, menjaga keterlambatan pembayaran, dan memilih pinjol yang terpercaya, kamu dapat mengurangi risiko dampak negatif akibat pinjol serta menjaga keuangan tetap sehat. Semoga bermanfaat!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: