Ingin Kulkas Lebih Tahan Lama? Lakukan 7 Tips ini untuk Merawatnya dengan Baik

Ingin Kulkas Lebih Tahan Lama? Lakukan 7 Tips ini untuk Merawatnya dengan Baik

Menata isi kulkas dengan baik merupakan salah satu tips merawatnya agar tahan lama-Disway-Pinterest Girias India

DISWAYJOGJA.ID - Dalam kehidupan sehari-hari, kulkas menjadi salah satu barang elektronik yang sudah pasti digunakan sepanjang waktu. Baik untuk menyimpan minuman, camilan, sayuran atau bahan makanan lain. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih optimal, pengguna baiknya memastikan kulkas selalu dalam keadaan baik, terawat secara rutin, sehingga berfungsi dengan maksimal.

BACA JUGA:Mau Ponselmu Awet Bertahun-Tahun? Terapkan 5 Tips Ini!

Perawatan kulkas sendiri sebetulnya tergolong mudah. Pengguna cukup melakukan berbagai cara agar kulkas selalu dalam kondisi terawat sehingga dapat berfungsi dengan semestinya.

Namun, sayangnya beberapa orang kadang abai terhadap barang yang satu ini. Mereka kerap melakukan sesuatu yang justru membuat kulkas cepat mengalami kerusakan.

Nah, berikut ini beberapa tips merawat kulkas agar lebih tahan lama dan berfungsi secara optimal. Penasaran apa saja? Simak sampai selesai!

1. Bersihkan dan Keringkan Rutin Kulkas

Tahukah kamu? Membersihkan kulkas secara rutin adalah langkah penting untuk merawatnya agar tetap baik. Mulailah dengan mengosongkan semua makanan dan minuman dari kulkas. Kemudian, matikan kulkas dan jangan lupa untuk membersihkan semua permukaan dalam dengan campuran air hangat dan sabun ringan.

Pastikan untuk membersihkan rak, laci, dan bagian dalam pintu, atau sudut-sudut lainnya. Setelah selesai, pastikan semua permukaan bagian kulkas benar-benar kering sebelum dihidupkan kembali. Kulkas yang bersih, secara tidak sadar turut menyumbang perasaan baik dalam aktifitas harianmu.

BACA JUGA:5 Tips Penting! Pemeliharaan Mesin Cuci LG yang Wajib Emak-emak Ketahui

2. Atur Suhu yang Tepat

Suhu yang tidak tepat dapat mempengaruhi kinerja kulkas dan meningkatkan konsumsi energi loh. Nah, uahakan untuk menjaga suhu kulkas pada rentang 2-4 derajat Celsius (35-39 derajat Fahrenheit) dan suhu freezer pada -15 hingga -18 derajat Celsius (5-0 derajat Fahrenheit). Kamu bisa menggunakan termometer khusus kulkas untuk membantu memantau dan memastikan suhu tetap sesuai.

3. Jangan kebanyakan isi dan Jauhkan Dari Dinding

Mengisi kulkas terlalu penuh ternyata dapat mengurangi sirkulasi udara yang diperlukan guna pendinginan lebih efisien. Baiknya, berikan sedikit ruang antara makanan atau minuman untuk memastikan udara dapat tersalur dengan baik. Selain itu, pastikan juga kulkas tidak berdekatan dengan dinding atau benda lain yang dapat menghalangi ventilasi penggunaannya.

BACA JUGA:20 Kulkas 1 Jutaan Terbaik dan Termurah 2023, Cocok Buat Isi Rumah Kecil

4. Jaga Kebersihan Kondensor

Kondensor adalah bagian kulkas yang bertanggung jawab untuk membuang panas hasil kerja mesin. Nah, untuk menjaga kinerjanya, pastikan kondensor tetap bersih dari debu dan kotoran. Kamu dapat menggunakan kuas lembut atau penghisap debu untuk membersihkannya secara berkala.

5. Tutup Rapat Pintu

Untuk menjaganya tetap baik, pastikan setiap kali membuka pintu kulkas, kamu menutupnya dengan rapat. Pemakaian yang tidak benar dapat menyebabkan aliran udara dingin keluar dan udara panas masuk ke dalam kulkas, sehingga menyebabkan peningkatan suhu dan kerja yang lebih keras bagi kulkas. Karenanya, pastikan pintu kulkas terkunci dengan baik setelah digunakan.

BACA JUGA:Ingin Mesin Cuci Awet: Berikut Cara Merawat Mesin Cuci Supaya Awet dan Tahan Lama

6. Jaga Isi Kulkas Tertata

Menjaga isi kulkas tertata dengan rapi akan membantumu menemukan bahan makanan dengan lebih mudah sehingga mengurangi waktu membuka pintu kulkas secara berkali-kali. Letakkan makanan dalam kemasan yang rapat dan tumpuk bahan makanan dengan bijak untuk memaksimalkan ruang penyimpanan dalam kulkas.

Tidak hanya memudahkan pekerjaan, ini akan membuat kulkas tetap terjaga dengan baik.

7. Matikan dan Bersihkan Drainage Pan

Drainage pan adalah tempat di mana air yang terkumpul dalam kulkas dikumpulkan. Pada beberapa model kulkas, pan tersebut dapat mengalami penumpukan air yang dapat menyebabkan bau tidak sedap dan bahkan pembusukan. Jadi, pastikan untuk mematikan dan membersihkan drainage pan secara teratur ya.

 

Dengan mengikuti tips diatas dan melakukan perawatan yang tepat pada kulkas, kamu dapat memperpanjang umur pakai dan menjaga kondisinya tetap optimal. Pastikan juga untuk membaca petunjuk penggunaan kulkas dan mengikuti praktik terbaik dalam perawatannya. Semoga bermanfaat!

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: