Unik dan Lezat! Berikut 5 Rekomendasi Makanan Khas Bantul Jogjakarta

Unik dan Lezat! Berikut 5 Rekomendasi Makanan Khas Bantul Jogjakarta

kuliner jogja gudeg--

DISWAY JOGJA- Bantul adalah salah satu kabupaten yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Bantul sangat terkenal dengan berbagai tempat wisatanya karena tempatnya sangat strategis untuk para wisawatan. Bantul juga memiliki berbagai macam makanan unik yang jadi rekomendasi kalian jika berkunjung dan berlibur ke Jogja.

 

Berbagai macam makanan khas bantul ini sangat digemari oleh banyak wisatawan yang mengunjungi jogja. Jogja sangat terkenal dengan berbagai makanan legendarisnya sebagai warisan leluhur yang sangat kental akan budayanya.

Nah! Berikut akan kita rekomendasikan beberapa makanan yang wajib untuk kalian cicipi saat berkunjung ke Bantul, Yogyakarta. 

BACA JUGA:7 Kuliner Medan Paling Bikin Nagih, Wajib Coba Sekali Seumur Hidup!

1. Mie Lethek 

Mie Lethek berasal dari Kapanewon Srandakan yang kini menjadi kuliner khas Kabupaten Bantul. Mi lethek memiliki warna keruh kecokelatan dan kurang menarik, berbeda dengan mie pada umumnya. Tak heran mi ini dikenal dengan sebutan “lethek”, yaitu keruh dan kurang menarik dilihat.

 

Terbuat dari tepung tapioka dan singkong yang diproses dengan cara tradisional. Sekilas mi ini mirip dengan bihun. Namun mi lethek memiliki tekstur lebih tebal dan lebih kenyal.

 

Proses pembuatan mie ini cukup unik dan menggunakan alat tradisional. Salah satunya menggunakan sapi jantan yang berputar mengelilingi alat mesin tradisional.Tempat pembuatan mi itu berada di Dusun Bendo, Kalurahan Trimurti, Srandakan, Bantul. Rasa Mie ini sendiri memiliki rasa yang unik dan tekstur yang menarik dibandingkan dengan mie yang lainnya.

BACA JUGA:3 Resep Salad Buah Lezat dan Segar, dijamin Bikin Semangat Balik Lagi!

Mie lethek memiliki sebuah cita rasa yang sangat otentik dan rasa itu yang wajib untuk kalian coba saat kalian mengunjungi yogyakarta terkhusus di Kawasan Bantul. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: