Debt Collector Kredit Pintar Datang ke Rumah? Tenang Begini Cara Menghadapi DC Pinjol

Debt Collector Kredit Pintar Datang ke Rumah? Tenang Begini Cara Menghadapi DC Pinjol

Ilustrasi meminjam uang tanpa jaminan -Disway-Google

Sebab, alasan debt collector Kredit Pintar datang ke rumah karena debitur telat melunasi pinjaman online. Jika kamu tak mengabaikan kewajibanmu mereka pun tak akan terlihat.

Meski begitu kamu pun tak perlu panik menghadapi dept colector Kredit Pintar di lapangan atau di rumah. 

Sesuai dengan aturan perusahaan mereka, para dc itu akan datang pada jam 8 pagi hingga 8 malam saja. Apabila di luar jam tersebut, debitur berhak mempertanyakan keaslian DC yang datang, apakah resmi dari Kredit Pintar atau bukan.

Biasanya DC menagih hutang langsung ke alamat jika debitur terlambat membayar selama 3 bulan atau 90 hari. Namun apabila tak mempunyai tunggakan tagihan atau sudah melunasi semua hutang tetapi debt collector berkunjung ke rumah, maka laporkan saja kepada OJK supaya segera diproses. 

BACA JUGA:5 Cara Bayar Kredit Pintar Tanpa Aplikasi, Lengkap dan Mudah Diikuti

Kedatangan debt collector Kredit Pintar ke rumah mungkin menimbulkan kepanikan, sehingga banyak orang memilih kabur dari pinjaman daripada berurusan dengan mereka. Padahal, cara ini tentu saja salah sekaligus tidak bijak. Kombinasikan tips di bawah dengan tips menghadapi debt collector pinjol yang mendatangi rumah.

Panik dan merasa tidak tenang karena bingung harus melakukan apa? Ketahuilah berbagai cara menghadapi debt collector Kredit Pintar yang datang ke rumah supaya tidak kembali lagi.

1. Tetap bersikap tenang, sambut dengan baik

Banyak orang merasa panik sekaligus tidak tenang ketika sudah dihubungi oleh DC pinjol, termasuk Kredit Pintar yang memang menugaskan para debt collector untuk menagih pinjol langsung ke alamat debitur. Sehingga sebisa mungkin mereka menghindari agar tak berurusan langsung dengan DC, padahal hal tersebut merupakan kesalahan akibat terlambat melunasi pinjaman.

Apabila terjadi hal demikian, sebagai pihak yang menunggak membayar hutang sebaiknya tetaplah bersikap tenang. Sambut dengan baik DC yang berkunjung ke rumah. Tak perlu berpikir untuk kabur dari pinjol, justru melakukan hal tersebut akan semakin menimbulkan masalah-masalah baru di kemudian hari.

2. Pastikan debt collector tersebut resmi dari pihak Kredit Pintar

Cara menghadapi debt collector Kredit Pintar yang datang ke rumah selanjutnya adalah memastikan bahwa mereka memang benar-benar ditugaskan secara resmi oleh perusahaan. Sebelum datang ke alamat rumah, biasanya mereka akan menghubungi terlebih dahulu melalui nomor kamusendiri, kemudian mengingatkan pula ke nomor darurat yang dicantumkan saat awal mengajukan pinjaman online. 

Ketika bertemu langsung, DC Kredit Pintar mengenakan pakaian rapi dan formal lalu menagih pelunasan pinjaman online menggunakan bahasa yang sopan. Mereka secara resmi melakukan penagihan ke alamat rumah jika selama 90 hari menunggak pinjaman. Kedatangannya antara pukul 8 pagi hingga 8 malam pada hari kerja (Senin sampai Jumat).

Oleh karena itu, debitur wajib memastikan bahwa debt collector tersebut apakah memang resmi ditugaskan oleh perusahaan atau bukan. Caranya dengan menanyakan tkamupengenal dari perusahaan, mereka pun pasti akan memperkenalkan diri sesuai nama asli.

3. Ungkapkan dengan jujur alasan belum bisa melunasi tagihan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: