Empat Golongan Manusia ini dijamin Rasulullah Haram Tersentuh Api Neraka, Apa Kamu Termasuk

Empat Golongan Manusia ini dijamin Rasulullah Haram Tersentuh Api Neraka, Apa Kamu Termasuk

Empat golongan yang haram tersentuh api neraka-Disway-Pinterest EngineJournal

DISWAYJOGJA.ID - Selain Al-Quran, umat umat Islam juga memiliki hadis sebagai sumber hukum kedua sekaligus petunjuk dalam menjalani hidup. Hadis-hadis tersebut diriwayatkan oleh banyak sahabat dan dijaga baik turun temurun hingga sampai pada kita saat ini.

Salah satunya hadis rasul mengenai 4 orang yang haram tersentuh api neraka. Dalam hadis ini Rasulullah menjelaskan kepada sahabatnya bahwa ada empat golongan manusia yang tidak akan tersentuh api neraka sedikitpun. Apa saja golongan tersebut? Simak sampai selesai ya!

BACA JUGA:6 Surat Al-Qur'an dengan Keutamaan Luar Biasa, Muslim Harus Tahu!

4 Golongan Manusia yang Haram Tersentuh Api Neraka 

عَنِ ابْنِ مَسْعُودٍ، عَنِ النَّبي صلى الله عليه وسلم ، قَالَ : الا أحبرُكُم بمن تُحَرِّمُ عَلَيْهِ النَّارُ؟ قَالُوا : بَلَى يَا رَسُولَ اللهِ، قَالَ عَلَى كُلِّ هَيْنِ لَيْنِ قَرِيبٍ سهل

 

Artinya:

"Maukah kalian aku tunjukkan orang yang haram baginya tersentuh api neraka?" Para sahabat berkata, "Mau, wahai Rasulullah!" Rasulullah menjawab: "(yang Haram tersentuh api neraka adalah) orang yang Hayyin, Layyin, Qarib, Sahl." (H.R. At-Tirmidzi dan Ibnu Hiban).

 

Dari hadis di atas, lalu siapakah orang yang termasuk golongan Hayyin, Layyin, Qarib, dan Sahl? apa kamu termasuk salah satunya? Berikut deskripsi 4 golongan yang haram tersentuh api neraka melarsir berbagai sumber.

1. Hayyin

Hayyin ialah orang yang memiliki ketenangan dan keteduhan lahir maupun batin. Tidak labil, gampang marah, dan penuh pertimbangan. Jiwanya teduh, tidak mudah memaki maupun melaknat.

Ketenangan yang dimiliki seorang Hayyin merupakan ketenangan lahir batin. Dikatakan seperti itu, karena bisa mengontrol pikiran, mengendalikan perasaan, juga hati dan sikapnya dengan baik.

Sifat ini asalnya tidak lain bersumber dari hati. Yang akan tenang bilamana selalu mengingat Tuhannya. Seperti halnya firman Allah dalam Al-Qran Surat Ar-Rad ayat 28:

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ

 

Artinya: "(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

BACA JUGA:Ajaib! Ternyata Ayat Kursi Dapat Menghindarkan dari Gangguan Setan

2. Layyin

Berbeda dengan Hayyin, Layyin ialah orang yang lembut dan santun, baik dalam bertutur kata ataupun bersikap. Tidak kasar, tidak semaunya sendiri, tidak galak, serta tidak suka memarahi orang yang berbeda pendapat dengannya. 

Layyin juga tidak suka melakukan pemaksaan pendapat. Lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk sesama manusia. Sungguh tipikal orang yang sangat baik bukan?

Seseorang yang Layyin, sikap dan perkataannya tidak akan melukai ataupun memojokan orang lain. Kita dapat meneladani sifat yang satu ini langsung dari Rasulullah SAW.

3. Qarib

Yang ketiga ada Qorib, yaitu golongan yang akrab, ramah diajak bicara, dan menyenangkan bagi orang yang diajak bicara. Wajahnya berseri-seri dan murah senyum jika bertemu dengan orang lain serta selalu menebar salam.

Tahukah kamu? Seseorang dengan sifat Qarib adalah pribadi yang hangat. Keberadaannya sangat disenangi oleh banyak orang. Sifat tersebut, muncul dari perasaan rendah hati yang dimilikinya seorang Qarib. Sifat rendah hati ini tidak membuat dirinya merasa lebih hebat dari pada yang lain.

BACA JUGA:Baca ini! 12 Amalan Yang dianjurkan di Bulan Muharram

4. Sahl

Yang terakhir ada Sahl, yakni orang yang tidak mempersulit sesuatu. Selalu ada solusi bagi setiap permasalahan. Tidak suka berbelit-belit, tidak menyusahkan dan tidak membuat orang lain lari dan ingin menghindar.

Dirinya selalu berpikir positif dan tidak memusingkan suatu masalah secara berlebihan. Hal ini tentu bukan berarti menyepelekan masalah penting, melainkan karena tau bagaimana harus menyikapi segala sesuatu hal.

 

Nah dari penjelasan di atas semoga kita menjadi salah satu dari keempat golongan di atas. Tentu akan lebih baik jika kita mampu meneladani dan menerapkan empat sifat tersebut di kehidupan sehari-hari. Semoga bermanfaat!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: