Ajaib! Ternyata Ayat Kursi Dapat Menghindarkan dari Gangguan Setan

Ajaib! Ternyata Ayat Kursi Dapat Menghindarkan dari Gangguan Setan

Ilustrasi membaca Al Qur'an --

DISWAYJOGJA.ID - Salah satu ayat yang paling terkenal dalam Al-Qur'an ialah ayat kursi. Ayat ini merupakan ayat ke-255 dari surat Al-Baqarah. 

Ia memiliki sejuta manfaat dan kebaikan bagi pembacanya. Tidak hanya dibaca ketika Sholat, ayat ini juga bisa dijadikan dzikir setiap saat. Sebab lafalnya tergolong mudah dihafal.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat dari bacaan ayat kursi, alangkah baiknya kita mengetahui bunyi dari lafal ayat tersebut. Bunyinya yakni:

اللّٰهُ لَاۤ اِلٰهَ اِلَّا هُوَ الْحَـيُّ الْقَيُّوْمُ ۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌ ۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَ رْضِ ۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗۤ اِلَّا بِاِ ذْنِهٖ ۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ ۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖۤ اِلَّا بِمَا شَآءَ ۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَا لْاَ رْضَ ۚ وَلَا يَــئُوْدُهٗ حِفْظُهُمَا ۚ وَ هُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

Arab latin:

Allohu laaa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum, laa ta'khuzuhuu sinatuw wa laa na-uum, lahuu maa fis-samaawaati wa maa fil-ardh, mang zallazii yasyfa'u 'ingdahuuu illaa bi-iznih, ya'lamu maa baina aidiihim wa maa kholfahum, wa laa yuhiithuuna bisyai-im min 'ilmihiii illaa bimaa syaaa, wasi'a kursiyyuhus-samaawaati wal-ardh, wa laa ya-uuduhuu hifzhuhumaa, wa huwal-'aliyyul-'azhiim

Artinya:

"Allah, tidak ada tuhan selain Dia. Yang Maha Hidup, yang terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya apa yang ada di langit dan apa yang ada di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi-Nya tanpa izin-Nya. Dia mengetahui apa yang di hadapan mereka dan apa yang di belakang mereka dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun tentang ilmu-Nya melainkan apa yang Dia kehendaki. Kursi-Nya meliputi langit dan bumi. Dan Dia tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Dia Maha Tinggi, Maha Besar." (QS. Al-Baqarah 2: Ayat 255)

Keutamaan Membaca ayat kursi

Berikut beberapa manfaat membaca ayat kursi, menurut KH. Musyaffa' Ali dalam buku karya Ahmad Zacky El-Syafa:

1. ayat kursi memiliki khasiat untuk mengubah kelakuan buruk. Bacalah ayat kursi sebanyak 17 kali, 50 kali atau 170 sehari, niscaya kita dapat merubah kelakuan buruk kita.

2. Bacaan ayat kursi dapat menjaga rumah seseorang serta rumah tetangganya. 

Ali bin Abu Thalib pernah mendengar Rasulullah bersabda, "Siapa saja yang membaca ayat kursi ketika hendak tidur, Allah akan mengamankan rumahnya, rumah tetangganya, dan rumah-rumah terdekat yang ada di sekitarnya." (HR. Al-Baihaqi)

3. ayat kursi dapat menambah keberkahan rezeki jika rajin dibaca.

 

Ada pula Keutamaan membaca ayat kursi menurut Dr. Fadhl Ilahi dalam buku Fadhilah dan Tafsir ayat kursi, antara lain:

1. Merupakan ayat yang paling agung dari Al Qur'an 

Seperti diceritakan Abdullah bin Mas'ud: "Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya ayat kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah)." Sufyan ats-Tsauri berkata, "Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi" (HR Tirmidzi).

2. Dalam ayat kursi, terdapat Asmaul Husna.

Salah satu hal yang utama dalam ayat kursi ialah disebutkanya nama-nama Allah yang agung didalamnya.

3. Bacaan ayat kursi dapat membuat manusia terlindung dari godaan setan. 

Orang yang membaca ayat kursi ketika hendak tidur  akan diberikan penjagaan oleh Allah SWT agar tidak didekati setan hingga pagi hari. Sebagaimana hadits Rasulullah SAW:

"Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah ayat kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi" (HR. Al-Bukhari).

4. Mendapat perlindungan dari Allah

Membaca ayat kursi setelah sholat wajib akan memberikan perlindungan hingga waktu sholat berikutnya. At-Thabrani meriwayatkan dari Al-Hasan bin Ali, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa membaca ayat kursi seusai sholat wajib, maka dia berada dalam perlindungan Allah hingga sholat berikutnya lagi."

5. Meniadakan pembatas antara manusia dengan surga

Orang yang membaca ayat kursi usai sholat wajib, maka tidak ada pembatas baginya dan surga, kecuali kematian. An-Nasa'i, Ibnu Hibban dan At-Thabrani meriwayatkan dari Abu Umamah, Rasulullah SAW bersabda:

"Barangsiapa membaca ayat kursi setelah setiap solat wajib, tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian."

Semoga kita termasuk orang-orang yang dapat mengamalkan kebaikan setiap saat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: