Pesona Air Terjun Jumog, Wisata Solo yang Wajib dikunjungi Saat Akhir Pekan

Pesona Air Terjun Jumog, Wisata Solo yang Wajib dikunjungi Saat Akhir Pekan

Pemandangan di Wisata Air Terjun Jumog-Disway-Instagram wisatajumog

DISWAYJOGJA.ID - Air terjun merupakan salah satu destinasi wisata yang digemari banyak orang. Sensasi rasa sejuk dan gemericiknya air menciptakan suasana menenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga.

Salah satu air terjun yang bisa kamu kunjungi saat berada di Karanganyar adalah Air Terjun Jumog. Keindahan alam, suasana yang damai, udara yang sejuk, beriringan suara air terjun menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan asing maupun lokal.

Aksesnya terkelola dengan baik sehingga mudah untuk dijangkau. Tak heran bila wisata ini menjadi destinasi favorit saat liburan tiba

BACA JUGA:Menyelami Jejak Peninggalan Puro Mangkunegaran, Wisata Sejarah yang Teduh dan Mengesankan!

Berikut beberapa informasi mengenai Air Terjun Jumog yang bisa dijadikan referensi.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Jumog

Wisata Air Terjun Jumog terletak di lereng timur Gunung Lawu. Tepatnya berada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Jaraknya sekita 22 kilometer (km) dari pusat Kota Karanganyar dengan waktu tempuh kurang-lebih 45 menit.

Untuk menuju Wisata Air Terjun Jumog pengunjung dapat melewati Jalan Raya Solo – Tawangmangu ke arah timur dan lanjut ke jalan Lawu. Ikutilah Jalan Lawu menuju ke arah timur dan masuk menuju Jalan Karangpandan, Ngargoyoso. Kamu bisa menemukan masjid Al Ibrol kemudian lurus hingga ke area parkir Air Terjun Jumog.Tenang, ada beberapa rental elp yang tersedia bila kamu khawatir tersesat.

Jam Buka Wisata Air Terjun Jumog

Sebelum memutuskan berkunjung ke wisata air dikaranganyar ini, alangkah baiknya untuk mengetahui jam buka air terjun jumog. Berikut informasinya;

- Weekend : Pukul 07.00-17.00 WIB.

- Weekdays : Pukul 08.00-16.00 WIB. 

Berhubung tidak buka selama 24 jam, hindari mengunjungi wisata ini terlalu sore yaa, karena bisa jadi sudah tutup. 

BACA JUGA:Kopi Klotok, Kuliner Wajib Yogyakarta yang Bikin Kamu Ketagihan!

Tarif Wisata Air Terjun Jumog

Untuk memasuki wisata ini, pengunjung akan dikenai biaya 15ribu per orang. Harga tiket masuk tersebut berlaku baik dihari biasa maupun akhir pekan. Sedangkan untuk tarif parkir yakni mulai 2ribu hingga 25ribu tergantung kendaraan yang kamu bawa.

Daya Tarik Wisata Air Terjun Jumog

Pasalnya wisata ini menawarkan panorama air terjun yang sungguh mempesona. Suasana tenang dan hawa yang sejuk menambah nilai eksotisme wisata air terjun jumog. Airnya yang dingin nan jernih, terasa sangat menyegarkan untuk melepas segala letih akan tumpukan kerjaan.

Jika tidak ingin bermain air, kamu bisa menikmati suasana syahdu ini dengan hanya duduk santai sambil memandangi air terjun yang cantik. Disekelilingnya tumbuh pepohonan hijau dan beberapa tebing batu yang berdiri gagah mempesona

Beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan saat mengunjungi Wisata Air Terjun Jumog antara lain;

1. Basah-Basahan

Mengunjungi wisata air tidak lengkap rasanya bila tidak basah-basahan bukan? Pengunjung dapat langsung turun untuk berenang di sekitar air terjun atau sekedar bermain air di pinggiran alirannya.

Jangan lupa untuk tetap berhati-hati, sebab beberapa permukaan batu mungkin licin dan bisa menyebabkanmu terpeleset.

BACA JUGA:Berkunjung ke Wisata Air Terseru di Klaten, Cuma bayar 15ribu!

Tidak perlu khawatir untuk kamu yang membawa buah hati saat mengunjungi wisata ini, sebab terdapat kolam renang anak yang bisa digunakan sembari Bunda menikmati suasana sekitar air terjun. Airnya dialirkan langsung dari Gunung Lawu yang pastinya jernih dan menyegarkan. 

2. Berfoto 

Air terjun nampaknya menjadi objek foto yang pas untuk mengabadikan foto bersama keluarga. Pengunjung akan menjumpai banyak spot foto alami yang tak kalah keren dan sayang untuk dilewatkan.

3. Bersantai di Tepi Sungai

Salah satu daya tarik Air Terjun Jumog adalah pengunjung dapat nikmati suasana sekitar dengan bersantai ditepi sungai langsung. Sebab banyak warga yang memanfaatkan area tepi sungai sebagai tempat untuk menggelar lapak dagang mereka. Pastinya sangat nyaman dan bikin betah.

Tersedia beberapa minuman dan makanan khas Solo yang bisa kamu santap sembari melihat aliran air yang menyejukkan. Wahh, menarik sekali bukan? Kamu bisa mencicipi sate kelinci khas Jumog yang bikin ketagihan.

Fasilitas Wisata Air Terjun Jumog

1. Area Parkir

2. Warung Makan

3. Kolam Renang

4. Spot Foto

5. Toilet

6. Kamar ganti

7. Musalla, dan masih banyak fasilitas lainnya.

BACA JUGA:Bukan Bakpia, Ini 10 Oleh-oleh Unik Khas Yogyakarta

Nah, Air Terjun Jumog menjadi solusi ampuh untuk kamu yang merindukan suasana sejuk, asri, dan menenangkan. Sangat cocok untuk melepas lelah dan mengisi waktu liburanmu.

Jika kamu berencana mengunjungi Kota Solo dalam waktu dekat? Jangan lupa untuk menambahkan Air Terjun Jumog ke dalam list kunjunganmu ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: