9 Khasiat Rempah-Rempah Temulawak untuk Kecantikan Kulit Anda

9 Khasiat Rempah-Rempah Temulawak untuk Kecantikan Kulit Anda

temulawak untuk kecantikan--tamanna_rumee via pixabay.com

DISWAY JOGJA - Anda ingin memiliki kulit yang bersih dan sehat? Cobalah untuk menggunakan produk perawatan kulit yang berbahan dasar dari temulawak. Temulawak atau yang lebih dikenal juga sebagai curcuma merupakan rempah-rempah yang dikenal untuk mejaga Kesehatan tubuh.

Namun kini temulawak juga sering digunakan sebagai bahan dasar dari produk perawatan kulit. Rangkaian produk skincare yang menggunakan rempah-rempah ini sebagai bahan dasar adalah serum, toner, facial wash dan lain-lain.

Kandungan vitamin detokfikasi yang terdapat pada temulawak berfungsi untuk mengencerkan milamin pada kulit sehingga membuat terlihat tampak lebih cerah. Serta kandungan vitamin E dan C yang memiliki fungsi untuk menangkal radikal bebas bagi kulit.

BACA JUGA:Rahasia Kecantikan Abadi: 6 Fakta Manfaat Minyak Jarak yang Wajib Kamu Tahu!

BACA JUGA:10 Manfaat luar Biasa Cuka Apel untuk Kesehatan dan Kecantikan, Badan Sehat Kulit Jadi Glowing!

Dalam artikel ini akan diuraikan lebih detail mengenai manfaat temulawak untuk Kesehatan kulit wajah, berikut 9 khasiatnya:

1. Mengatasi Jerawat

Salah satu masalah kulit yang paling umum dan sering terjadi, terutama pada remaja, yaitu jerawat. Skincare yang menggunakan bahan dasar temulawak dapat membantu mengatasi jerawat, hal ini karena temulawak memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-mikroba yang sangat bermanfaat bagi kulit.

Hal inilah yang membuat temulawak menjadi efektif mengurangi kemerahan dan peradangan yang ditimbulkan akibat jerawat.

2. Menyamarkan Pori-pori

Selain untuk mengatasi jerawat, temulawak juga mampu menyamarkan pori-pori pada kulit wajah. Anti oksidan dan anti inflamasi yang terkandung pada temulawak dapat membantu menjaga elastisitas kulit wajah dan menyamarkan pori-pori.

Dengan mengecilkan pori-pori, kulit wajah akan tampak lebih halus dan bebas dari minyak yang berlebih.

3. Membantu Mencerahkan Kulit Wajah

Sudah menjadi rahasia umum manfaat temulawak adalah untuk mencerahkan kulitn wajah. Perawatan kulit menggunakan temulawak dapat membantu wajah tampak lebih cerah dan bercahaya.

Hal ini yang membuat banyak produk kecantikan menggunakan temulawak sebagai bahan dasar utama.

4. Mengurangi Tanda Penuaan

Penuan kulit merupakan hal wajar dan tidak bisa dihindari oleh setiap orang. Namun, dengan menggunakan perawatan kulit berbahan dasar temulawak, proses penuaan dini dapat diatasi.

Kandungan anti oksidan yang terdapat pada temulawak dapat melindungi dari paparan radikal bebas yang bisa merusak kulit wajah, seperti garis halus dan kerutan.

5. Menyamarkan Noda dan Flek Hitam

Temulawak dalam membantu menyamarkan noda dan flek hitam pada wajah yang diakibatkan oleh bekas jerawat dan paparan sinar matahari.

Kandungan anti oksidan pada temulawak dapat membantu meregenerasi sel kulit mati, sehingga noda dan flek hitam menjadi pudar.

BACA JUGA:5 Manfaat Luar Biasa dari Buah Strawberry untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Anda

BACA JUGA:Sering Diabaikan, Siapa Sangka Daun Jeruk Memiliki 10 Manfaat Ini untuk Kecantikan, Wanita Wajib Tahu

6. Melembabkan Kulit

Kandungan temulawak dapat membantu melindungi kulit dari cuaca ekstrem, seperti panas dan dingin. Penggunaan yang rutin dapat membantu menjaga keseimbangan kelembaban kulit dan mengurangi resiko terjadinya iritasi pada wajah.

7. Membantu Menyamarkan Bekas Luka

Kandungan yang terdapat pada temulawak juga bermanfaat untuk menyamarkan bekas luka. Seperti bekas luka akibat jerawat maupun luka-luka lainnya pada wajah.

Penggunaan skincare dengan kandungan temulawak secara rutin dapat mempercepat dalam penyembuhan luka serta meregenerasi sel kulit mati pada wajah.

8. Mengatasi Kulti yang Kering

Kulit wajah yang kering dapat menggangu dan menimbulkan berbagai masalah yang merepotkan, seperti munculnya kerutan dan garis halus. Penggunaan skincare yang mengandung temulawak secara rutin dapat menjaga kelembaban kulti dan mengurangi potensi kulit kering.

9. Mengontrol Produksi Sebum

Sebum merupakan zat berminyak yang dihasilak oleh kelenjar kulit yang bermanfaat bagi Kesehatan kulit luar. Namun demikian produksi sebum yang berlebihan dapat memicu berbagai masalah pada kulit.

Penggunaan skincare berbahan dasar termulawak secara rutin, dapat mengontrol produksi sebum, sehingga membuat wajah bebas dari kilap dan nampak segar setiap hari.

BACA JUGA:8 Khasiat Buah Langsat Untuk Kecantikan Wajah Kita

BACA JUGA:Luar Biasa Inilah Manfaat Hebat Bunga Telang: Warna Alamiah untuk Kesehatan dan Kecantikan

Nah, itulah beberapa manfaat dari temulawak untuk kecantikan. Pastikan untuk memilih produk sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kulit Anda.Selalu konsultasikan pada ahli kecantikan jika Anda tidak yakin dengan kondisi kulit wajahmu.

Semoga ulasan ini dapat bermanfaat dalam pilihan perawatan kulit wajah Anda agar senantiasa sehat dan berseri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: