Caviar, Kelezatan serta Keistimewaan dari Samudra dalam Sebutir Telur

Caviar, Kelezatan serta Keistimewaan dari Samudra dalam Sebutir Telur

Caviar--

Disisi lain, ikan sturgeon betina yang ada di peternakan biasanya dipantau menggunakan mesin khusus untuk mencari waktu siap panennya. Jumlah telur yang dihasilkan pun berbeda-beda, tergantung dari ukuran ikan sturgeon.

Caviar yang paling laku terjual adalah jenis caviar hitam. Caviar jenis ini asalnya dari telur ikan sturgeon laut Kaspia yang biasanya berada di Azerbaijan, Iran, Russia dan Kazakhstan. Sementara itu, jenis caviar yang paling mahal adalah varian Beluga, Ossetra serta Sevruga.

Jenis-Jenis Caviar

Ada beberapa jenis caviar yang bervariasi berdasarkan jenis ikan sturgeon, daerah tangkapan dan kualitasnya. Caviar terbagi menjadi beberapa kelas seperti Beluga, Osetra, dan Sevruga.

Beluga dianggap sebagai yang paling mahal, memiliki biji besar, warna pucat serta cita rasa lembut. Osetra, dengan warna biji yang bervariasi dari kecoklatan hingga keemasan, memiliki cita rasa yang kaya nan kompleks. Sevruga, yang punya biji lebih kecil dan warna yang lebih gelap, menawarkan rasa yang jauh lebih kuat dan tajam.

Cara Penyajian

Caviar biasanya disajikan dengan cara yang sederhana untuk mempertahankan keaslian rasanya. Biji caviar diletakkan di atas permukaan yang dingin, seperti piring dari bahan yang tidak bereaksi dengan caviar, seperti keramik atau stainless steel.

BACA JUGA: Wow! 7 Sambal Unik dan Nikmat Khas Indonesia Yang Wajib Anda Nikmati!

Seiring dengan perkembangan, beberapa makanan pendamping seperti roti panggang atau pancake, krim asam dan bawang merah dihidangkan untuk menambah cita rasa.

Penting untuk menggunakan sendok perak atau kayu untuk menghindari reaksi dengan caviar yang bisa merubah rasa aslinya.

Nilai Budaya

Caviar bukan hanya tentang rasa dan kenikmatan, tetapi juga memiliki nilai budaya yang dalam. Makan caviar telah menjadi simbol kemewahan dan prestise dalam budaya masyarakat tertentu.

Caviar sering kali dihidangkan dalam acara-acara istimewa, pesta mewah atau pertemuan bisnis penting. Namun, penting juga untuk diingat bahwa eksploitasi berlebihan terhadap ikan sturgeon untuk memperoleh caviar telah mengancam populasi ikan ini dalam beberapa dekade terakhir.

 

Caviar adalah bukti nyata bagaimana keajaiban alam dapat diubah menjadi hidangan yang lezat dan bermakna. Dengan sejarah yang panjang, variasi jenis, dan nilai budayanya yang kaya, caviar telah mengukir tempatnya sendiri dalam dunia kuliner global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: