Suka Memotret? Pemula Harus Tahu, Arti ISO Pada Kamera Ponsel Anda!

Suka Memotret? Pemula Harus Tahu, Arti ISO Pada Kamera Ponsel Anda!

Suka Memotret? Pemula Harus Tahu, Arti ISO Pada Kamera Ponsel Anda!--

Pada masa fotografi seluloid, ISO mengacu pada sensitivitas film terhadap cahaya. Pembacaan kecepatan film biasanya dimulai dari 100 dan kemudian meningkat menjadi 200, 400, 800, dst.

Sebaliknya, jika Anda memotret di dalam ruangan dalam kondisi minim cahaya, pilihlah gulungan film dengan ISO 400 atau lebih tinggi karena lebih sensitif terhadap cahaya dibandingkan gulungan film dengan ISO 100.

ISO Digital

Meskipun dunia hampir sepenuhnya beralih ke fotografi digital, standar pengukuran ISO tetap sama. Semakin rendah nilai ISO, maka gambar akan semakin terang.

Satu-satunya perbedaan adalah Anda tidak lagi harus menukar seluruh rol film secara fisik untuk mendapatkan ISO yang diinginkan, namun kini Anda dapat menambah dan mengurangi ISO secara digital karena ini juga merupakan proses elektronik dalam kamera.

Secara umum ISO adalah ukuran sensitivitas sensor terhadap cahaya.Secara spesifik, sensor hanya memiliki satu tingkat sensitivitas saat diaktifkan.

BACA JUGA:Harga Realme 11 di Indonesia Dibanderol Rp3 Jutaan Saja, Sudah Dibekali Kamera 108 MP dan Layar AMOLED

Di mana Anda menemukan ISO kamera ponsel Anda?

Untuk menemukan pengaturan ISO kamera Anda, Anda perlu mengatur aplikasi kamera Anda ke mode Manual, juga disebut mode Pro di beberapa perangkat. Setting ISO ini, seperti namanya, cukup mudah ditemukan.

Jika aplikasi kamera Anda tidak memiliki mode manual, Anda perlu mengunduh aplikasi yang mendukungnya. Kemampuan untuk mengontrol pengaturan secara manual seperti ISO pasti dapat meningkatkan kualitas foto Anda.Faktanya, inilah salah satu alasan untuk memotret dalam mode manual. 

BACA JUGA:Cari Kamera Terbaik? Ini Dia 6 Rekomendasi Kamera Mirrorless dengan Kualitas Terbaik 2023

Jika Anda belum terbiasa dengan Mode Manual dan semua pengaturan di dalamnya, bacalah panduan lengkap dan komprehensif tentang Mode Manual ini. Kini setelah kita melihat pentingnya ISO pada kamera ponsel dan berita menarik lainnya di VOI, kini saatnya merevolusi pemberitaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: