Suka Memotret? Pemula Harus Tahu, Arti ISO Pada Kamera Ponsel Anda!

Suka Memotret? Pemula Harus Tahu, Arti ISO Pada Kamera Ponsel Anda!

Suka Memotret? Pemula Harus Tahu, Arti ISO Pada Kamera Ponsel Anda!--

DISWAY JOGJA - Saat saya mengambil foto dengan kamera ponsel, saya lebih memilih mode manual, karena alasannya sangat bagus sehingga saya tidak akan membahasnya secara detail di artikel ini. Namun salah satu alasan utamanya adalah tingkat kendali yang ditawarkannya.

Selain pengaturan yang dapat dikontrol dalam mode manual, seperti kecepatan rana, white balance, mode pengukuran, dll., Anda juga dapat mengatur nilai ISO.

Jika Anda baru mengenal fotografi dan tidak tahu apa-apa, Anda mungkin tidak peduli.Pada artikel kali ini kita akan melihat ISO dan pemaksaan dalam fotografi seluler.

BACA JUGA:3 Perbedaan Kamera Analog dan Kamera Digital, Fotografer Pemula Wajib Tahu!

Pentingnya ISO pada kamera ponsel

Akronim ISO adalah singkatan dari Organisasi Internasional untuk Standardisasi. Ini adalah pengaturan yang digunakan pada kamera digital yang mengatur kecerahan foto dengan meningkatkan sinyal elektronik yang terdeteksi oleh cahaya yang jatuh pada sensor gambar kamera.

ISO Angka

biasanya dinyatakan dengan angka yang dimulai dari 100 dan dikalikan dengan 200, 400, 800, dst. seiring dengan meningkatnya kecerahan. Semakin Anda meningkatkan ISO, gambar akan semakin cerah. Dan karena dapat mencerahkan gambar yang gelap, ISO juga merupakan bagian dari segitiga eksposur.

Untuk lebih memahami ISO, mari kita kembali ke asal usulnya dalam dunia fotografi film. Bagaimana ISO mempengaruhi gambar?

BACA JUGA:Tips Cek Shutter Count Kamera DSLR dan Batas Maksimalnya, Simak 3 Langkahnya!

Seperti telah disebutkan beberapa kali: semakin tinggi nilai ISO yang ditetapkan, semakin terang gambarnya. Oleh karena itu, sensitivitas ISO berguna saat memotret dalam kondisi minim cahaya.

Namun, di lingkungan terang, yang terbaik adalah menjaga ISO serendah mungkin untuk menghindari pencahayaan berlebih. Kerugian lainnya adalah semakin tinggi skala ISO, semakin banyak noise digital pada gambar. Ini mempengaruhi kualitas foto Anda.

Setiap kamera ponsel cerdas memiliki rasio signal-to-noise tersendiri. Ini berarti bahwa kamera yang berbeda memiliki ambang batas yang berbeda dimana noise menjadi terlihat dan mempengaruhi kualitas gambar.

file ISO

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: