Simak! 5 Perbedaan Tv Digital dan Tv Analog Anda Wajib Tahu

Simak! 5 Perbedaan Tv Digital dan Tv Analog Anda Wajib Tahu

Menyambungkan YouTube ke TV dengan mudah -Disway-Google Pagaralampos

 

DISWAY JOGJA - Sekarang kita tahu bahwa penyebaran TV digitalya sudah masif dan meluas. Banyak orang yang sudah beralih menggunakan TV analog ke TV Digital. Kementrian Komunikasi dan Informatikan (Menkominfo) memberitahukan akan mengakhiri siaran TV analog di seluruh Indonesia paling lambat pada tanggal 02 November 2022. Tentu hal ini memberikan perhatian khusus bagi beberapa masyarakat agar berlaih pada penggunaan TV digital.

Kita Tau bahwa dengan menggunakan TV memungkinkan kita melihat siaran yang jauh dan memiliki gambar yang bagiu. Pada dasarnya TV Digital dan Analog memiliki perbedaan yang signifikan. Berikut adalah perbedaan antara TV Digital dan Analog adalah sebagai berikut: 

BACA JUGA: Simak! Perbedaan Smart TV dan Android TV yang perlu dipahami, Jadi Seperti Ini yah Perbedaannya?

1. Ukuran 

Perbedaan yang pertama adalah mengenai ukuran antara TV analog dan digital yang terlihat sangat jelas. perbedaanya adalah tv analog memiliki tabung sinar katoda. Faktor ini yang membuat TV Analog akan terlihat lebih besar dibandingkan dengan TV Digital. TV analog juga bisa memakan banyak ruang yang biasanya membuat tidak efisien pada ruangan itu. TV Digital menggunakan sebuah layar panel data yang terdiri dari berbagai perangkat seperti perangkat LCD,Plasma,dan LED TV digital juga memiliki ukuran yang memiliki variasi yang sangat banyak sehingga kita sangat mudah untuk menentukan kebutuhan kita, biasanya tv digital berukuran antara 30 inci-50 inci tergantung dari kebutuhan anda. 

2. Sinyal

Perbedaan yang kedua adalah mengenai sinyal. Tv analog memiliki sinyak yang sangat terbatas. Tv analog hanya menerima sinyal antena UHF bentuknya pun masih analog dan jauh dari efektif. Penggunaan Tv analog sangat rentan mengalami gangguan dan ditorsi. TV Digital dapat memproses segala sinyal yang masuk dengan baik sehingga sangat efektif tidak bergantung pada sinyal Antena UHF dan tidak juga rentan mengalami gangguan distorsi dan gangguan sinyal yang dapat menganggu kenyamanan anda. 

BACA JUGA:Butuh Dana Cepat? Ini dia 7 Pinjol Cepat Cair di Indonesia Yang Aman dan Terdaftar di OJK!

3. Audio

Perbedaan yang ketiga adalah mengenai audio.  antara TV analog dan digital terdengar cukup jelas, tv analog biasanya akan dimulai pada suata mono dan kemudian akan meningkat menjadi stereo 2 saluran. Sedangkan TV digital sendiri dapat mendukung 5 saluran audio selain saluran bass subwoofer. audio dari type kedua TV ini sangat berbeda signifikan dan TV Digital lebih baik dibandingkan audio yang dimiliki oleh TV digital memiliki kelebihan dibandingkan dengan TV analog. 

4. Tampilan Gambar 

untuk selanjutnya adalah mengenai perbedaan tampilan gambar dari TV analog dan TV Digital memiliki perbedaan yang sangat mencolok. pada dasarnya  menonton TV tidak menginginkan gambar yang buram bukan? Jika Tv digital biasanya gambar yang ditampilkan akan terbatas tergantung dari antenna pemancar yang mendapatkan sinyal sehingga mudah mengalami gambar buram.

Pada resolusi gambar TV digital sendiri memiliki beberapa mode resolusi gambar mulai dari resolusi 480p hingga Full HD 1080p, hal ini tentu dapat kamu tentukan dengan beberapa resolusi yang tersedia pada TV digital.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: