Awas Jangan Sampai Salah! Berikut 6 Hal yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Lensa Kamera Berjamur

Awas Jangan Sampai Salah! Berikut 6 Hal yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Lensa Kamera Berjamur

camera cleaning--Rollstein via pixabay.com

DISWAY JOGJA - Lensa kamera adalah komponen krusial yang menentukan kualitas gambar dan video yang kita hasilkan. Karena lensa sangat sensitif, diperlukan perawatan khusus agar awet dan terhindar dari jamur yang dapat merusak lensa.

Berikut ini beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk menjaga lensa agar awet dan tidak berjamur, sehingga mampu mendukung kegiatan fotografi dan videografi kamu.

BACA JUGA:Kenali 9 Jenis Lensa Berikut beserta Fungsinya, Pemula Wajib Tahu

BACA JUGA:Ubah Foto Menjadi Cuan, Berikut 10 Situs Untuk Menjual Foto Secara Online

1. Perhatikan Tempat Penyimpanan

Menyimpan lensa kamera dengan baik adalah langkah awal yang penting untuk menjaga lensa. Pertimbangkan posisi, suhu ruangan, dan faktor lain yang berpengaruh.

Oleh sebab itu mulailah untuk menyimpan lensa di dalam dry box kedap udara maupun dry cabinet yang bersih untuk mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih optimal dan aman.

Ketika membawa lensa bepergian, gunakan tas yang mampu melindungi lensa dari air, debu, dan benturan. Selain melindungi lensa, penyimpanan semacam ini juga menjaga lensa dan komponen kamera lainnya tetap terkendali dan aman.

2. Jangan Simpan Lensa di Tempat Lembab

Jamur dengan mudah tumbuh di lingkungan yang lembab. Oleh karena itu, simpan lensa di tempat kering dan jauh dari kelembapan. Kalau perlu, kamu bisa menggunakan silica gel untuk menyerap kelembaban di area penyimpanan.

Kamu juga bisa memanfaatkan teh sachet sebagai alternatif untuk menyerap kelembapan lensa ketika menyimpannya dalam tas.

3. Membersihkan Lensa secara Rutin

Menjaga kebersihan lensa akan membantu mempertahankan kualitasnya. Namun, perlu diperhatikan cara dan metode pembersihannya. Gunakan Lens Cleaning Kit yang berisi alat dan cairan pembersih khusus yang aman.

Saat membersihkan, cukup gunakan cairan pembersih pada kain microfiber dengan serat halus—jangan tuangkan langsung ke lensa.

Blower khusus adalah alat yang berguna untuk menghilangkan debu atau partikel lainnya. Hindari meniup lensa dengan mulut atau menyentuh sensor lensa, karena tindakan ini bisa membawa kotoran dan debu ke lensa.

BACA JUGA:5 Pembahasan Mengenai Lensa Canon

BACA JUGA:Kamera Rusak Gara - Gara Berjamur? 10+ Cara Menyimpan Kamera dengan Benar Agar Awet dan Lensa Tidak Berjamur

4. Lepas Lensa dari Kamera Jika Tidak Digunakan Dalam Jangka Waktu Lama

Jika kamu tidak menggunakan kamera, ada baiknya untuk melepaskan lensa, baterai, dan memory card, kemudian simpan dengan baik. Tetapkan lensa terlepas dari kamera, lalu tutup lensa dengan penutup lensa atau lenshood agar menghindari debu atau partikel masuk ke dalam sensor.

5. Jangan Meniup atau Menyentuh Sensor Lensa

Tidak dianjurkan untuk meniup atau menyentuh sensor lensa, karena tindakan ini dapat meninggalkan bekas sidik jari dan mengundang partikel kotoran dan debu. Meniup lensa juga tidak dianjurkan, karena dapat menempelkan debu pada lensa, sehingga lensa tidak bisa menjadi awet dan bertahan lebih lama.

6. Gunakan Lensa dan Kamera Secara Rutin

Ketika kamera dan lensa jarang digunakan, ada kemungkinan jamur dapat tumbuh di lensa, mirip dengan bagaimana debu dapat menumpuk pada barang-barang yang jarang digunakan.

Debu bisa berkumpul dan menjadi tempat ideal untuk pertumbuhan jamur, terutama pada bagian-bagian kamera seperti lensa.

Sebagai perangkat fotografi, kamera dan lensanya patut mendapat penanganan khusus untuk menjaga performanya. Oleh karena itu, sangat menyarankan untuk menggunakan kamera dan lensa secara rutin.

Selain mencegah pertumbuhan jamur, penggunaan berkala ini juga menjaga agar kamera dan lensa berfungsi sebaik mungkin, sehingga kamu selalu siap untuk mengabadikan momen penting.

BACA JUGA:5 Kamera Mirrorless Terbaik di Tahun Ini: Pilihan untuk Semua Tingkat Kemahiran

BACA JUGA:5 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Murah 2023

Dengan menerapkan langkah-langkah perawatan ini, lensa kamera akan lebih awet dan terhindar dari jamur atau debu. Ingatlah bahwa semua jenis lensa kamera memerlukan perawatan khusus untuk menjaga ketahanannya dan mendukung pengguna dalam mengabadikan berbagai momen.

Selamat mencoba tips perawatan lensa kamera ini, dan semoga lensa kamera kamu menjadi lebih awet dan terhindar dari jamur atau debu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: