Ubah Foto Menjadi Cuan, Berikut 10 Situs Untuk Menjual Foto Secara Online

Ubah Foto Menjadi Cuan, Berikut 10 Situs Untuk Menjual Foto Secara Online

kamera --DariuszSankowski via pixabay.com

DISWAY JOGJA - Dalam masyarakat modern ini, fotografi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hidup kita. Hampir setiap orang memiliki kamera di genggaman mereka - di ponsel mereka.

Sebagian besar dari kita, meski tidak memiliki pendidikan formal di bidang fotografi, sudah cukup terampil dalam mengambil foto yang indah, pantas untuk dipamerkan.

Sayangnya, sebagian besar foto yang kita ambil hanya berakhir diunggah di media sosial atau hanya mengisi ruang kosong di memori laptop kita.

Namun, sebenarnya ada potensi lain yang bisa kita gali dari seluruh foto indah yang kita produksi: potensi komersial. Ya, foto-foto yang kamu hasilkan bisa menjadi sumber pendapatan yang layak jika dinilai dari sisi yang benar.

Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan mengulas tentang 10 situs jual foto online terbaik yang bisa kamu gunakan sebagai peluang bisnis baru.

BACA JUGA:13 Merek Kamera Terkenal yang Populer di Indonesia, Pecinta Foto Wajib Tau!

BACA JUGA:5 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Murah 2023

1. Fotolia.com

Fotolia adalah situs penjualan foto digital di mana kamu bisa mendapatkan 20-62 persen dari setiap penjualan foto yang kamu produksi. Penting untuk diingat bahwa semakin banyak orang yang tertarik membeli foto yang kamu unggah, semakin tinggi harganya.

2. Shutterstock.com

Shutterstock adalah platform lain yang bisa digunakan untuk menjual foto pribadi. Dengan komisi penjualan antara 20-30 persen, kamu bisa mendapatkan pembayaran bulanan jika total penjualan mencapai setidaknya 75 dolar AS.

3. Dreamstime.com

Dreamstime menawarkan potensi keuntungan 20-60 persen dari penjualan foto. Melebihi manfaat materi, situs ini juga memiliki komunitas aktif dimana kamu bisa berdiskusi dan berbagi dengan fotografer lain.

4. iStockphoto.com

iStockphoto adalah situs lain yang sangat populer di kalangan fotografer baik profesional maupun amatir. Sebagai kontributor, kamu bisa mendapatkan 15 persen keuntungan dari harga unduhan. Jika kamu menjadi kontributor eksklusif, hasil penjualan bisa meningkat hingga 45 persen.

5. FreeDigitalPhotos.net

FreeDigitalPhotos.net adalah situs web yang memungkinkan kamu menjual foto dengan pembayaran minimum 10 dolar AS via PayPal dan mendapatkan 70 persen dari harga jual.

BACA JUGA:9 Kamera DSLR Terpopuler di Bawah 10 Juta! Pilih Mana, Nih?

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah Beli! Pilih Kamera Mirrorless atau DSLR: Ini 7 Perbandingannya untuk Pemula

6. Bigstockphoto.com

Bigstockphoto.com adalah situs lain yang menawarkan peluang menjual foto pribadi dengan keuntungan mencapai 30 persen per penjualan plus royalti 0,38 dolar AS per langganan.

7. DemandMedia.com

DemandMedia.com menawarkan pekerjaan untuk berbagai jenis bidang kreatif, termasuk fotografer, dengan karya mereka yang harus eksklusif. Dreamstime menyediakan platform jual foto yang ramah pengguna dan cocok untuk pemula. Syarat yang ditetapkan lebih fleksibel dibandingkan dengan situs sejenis lainnya.

8. Redbubble.com

Situs ini memiliki sistem perhitungan keuntungan yang fleksibel dan menggunakan PayPal untuk proses pembayaran.

9. Shutterfly.com

Di Shutterfly.com, gallery profesional rata-rata menghasilkan 99-199 dolar AS setiap tahunnya. Komisi yang didapat untuk setiap penjualan ditetapkan sebesar 15 persen ke atas atau lebih. Pembayaran dilakukan tiap bulan ke akun deposit yang didaftarkan.

10. Etsy.com

Etsy.com adalah situs yang tidak hanya dikhususkan untuk penjualan foto, namun juga berbagai produk handmade lainnya. Keuntungannya adalah, foto yang kamu jual dapat dipamerkan di galeri Etsy yang bisa diakses melalui aplikasi android dan iPhone.

BACA JUGA:10 Kamera Canon DSLR Terbaik untuk Tahun 2023: Pilihan Utama untuk Fotografer Profesional dan Pemula

BACA JUGA:10 Kamera Canon untuk Fotografi Terbaik 2023

Sebelum mendaftar di situs-situs di atas, pastikan untuk membaca dan memahami ketentuan yang diberlakukan, seperti eksklusivitas, hak milik, dan orisinalitas. Setiap situs mungkin memiliki prasyarat yang berbeda, seperti menjual foto Anda untuk dicetak langsung pada produk, misalnya mug, kaos, atau media lainnya.

Jadi, itulah sepuluh situs jual foto online yang dapat Anda manfaatkan untuk memulai bisnis foto. Tak ada salahnya mencoba memasarkan foto Anda daripada hanya mendapatkan "likes" dan komentar di Instagram. Jadi tunggu apa lagi? Mulai sekarang, manfaatkan potensi ini untuk menambah penghasilan Anda dari hobi fotografi yang Anda miliki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: