Dari Musisi, Jurnalis hingga Akademisi: 6 Tokoh Ini Kritik Jokowi Sampai Bikin Heboh!

Dari Musisi, Jurnalis hingga Akademisi: 6 Tokoh Ini Kritik Jokowi Sampai Bikin Heboh!

Deretan tokoh yang kritik pemerintah jokowi bikin heboh--

DISWAY JOGJA - Dalam kancah politik yang begitu kompleks, suara-suara kritis terhadap pemerintahan Joko Widodo, atau akrab disapa Jokowi, tak pernah luput dari sorotan.

Sejumlah tokoh mulai dari aktivis, jurnalis, hingga akademisi, dengan berani dan tegas menyuarakan kritik terhadap berbagai kebijakan yang diterapkan oleh pemerintahan saat itu.

Tak hanya sebatas sekadar oposisi, mereka merangkul peran sebagai pilar demokrasi yang vital, meskipun tak jarang konfrontasi dengan hukum atau pertentangan dengan kebijakan yang tengah ditempuh oleh pemerintah.

1. Dandhy Dwi Laksono

Pada tanggal 26 September 2019, jagat maya dihebohkan dengan penangkapan seorang aktivis dan jurnalis tajam berbicara, Dandhy Dwi Laksono.

BACA JUGA:Viral Rocky Gerung Sebut Presiden Jokowi

Ia menjadi sorotan tajam setelah mengkritik keras pemerintahan Jokowi, khususnya terkait kondisi di Papua yang disertai tindakan rasialisme.

Dandhy menyampaikan pandangannya melalui cuitan-cuitan pedas di media sosial. Akibat dari langkah kritisnya, Dandhy ditetapkan sebagai tersangka kasus ujaran kebencian.

2. Ananda Badudu

Tak hanya dari kalangan aktivis dan jurnalis, suara kritis juga menggema dari ranah seni dan musik.

Ananda Badudu, seorang musisi dengan karakter vokal yang khas, ikut mempertegas posisinya dalam mengkritik pemerintahan.

BACA JUGA:Ini dia 4 rekomendasi Makanan Terlezat di Yogyakarta, nomor 2 Langganan Para Presiden dan Selebgram!

Melangkah dengan menggalang dana untuk mendukung aksi demonstrasi mahasiswa terhadap revisi Undang-Undang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Hal ini menunjukkan bahwa kritik tak hanya disampaikan oleh kalangan oposisi parlemen, tetapi juga dilakukan oleh seorang musisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: jogja.disway.id