Terapkan 5 Tips Memulai Hidup Hemat, Gaya Hidup Hemat yang Mulai Banyak Diminati oleh Beberapa Orang

Terapkan 5 Tips Memulai Hidup Hemat, Gaya Hidup Hemat yang Mulai Banyak Diminati oleh Beberapa Orang

Terapkan 5 Tips Memulai Hidup Hemat, Gaya Hidup Hemat yang Mulai Banyak Diminati oleh Beberapa Orang--

DISWAY JOGJA - Gaya hidup hemat atau frugal living kini menjadi opsi di berbagai kalangan, terutama di perkotaan yang memiliki biaya hidup yang cenderung tinggi.

Dilihat dari bahasa Inggris, frugal berarti hemat, dan living adalah hidup. Oleh karena itu, frugal living dapat diartikan sebagai gaya hidup hemat. Frugal living dapat dijelaskan sebagai sebuah ide di mana seseorang secara sadar membuat keputusan dalam mengatur pengeluaran.

Frugal lifestyle dapat dijalankan oleh siapa pun, baik itu orang tua maupun generasi muda di manapun. Berikut adalah saran-saran untuk memulai gaya hidup hemat yang dikutip dari bni-life.co.id, pada hari Jumat (4/8/2023):

 BACA JUGA:Mengintip 7 Ide Bisnis Online yang Menguntungkan di Era Digital

1. Hindari Gengsi dan FOMO

Rasa cemas terlewatkan atau Rasa Takut Ketinggalan (RTK) dan reputasi menjadi akibat yang harus kamu hadapi ketika ingin memulai gaya hidup ini. Karena seringkali ketika kita ingin membeli barang berdasarkan reputasi belum tentu kita membutuhkannya dan mampu membelinya. Ini dilakukan hanya untuk meningkatkan status dalam kehidupan sosial. Padahal jika hal ini terus dilakukan, tujuan keuangan untuk masa depan akan sulit terwujud.

 

2. Rencana Keuangan Pertama yang Tertata

Anda dapat menciptakan rencana keuangan untuk setiap bulan. Beberapa opsi pengalokasian dana dapat Anda gunakan. Sebagai contoh: 40% untuk keperluan hidup; 30% untuk pembayaran angsuran; 20% untuk menabung, berinvestasi, atau dana darurat; dan 10% untuk sumbangan. Namun, kembali lagi, pilihlah prinsip yang sesuai dengan kondisi keuangan dan kebutuhan Anda.

 BACA JUGA:Wow ini dia 7 Manfaat Bisnis Ekspor: Jualan Sampai Luar Negri Untung Banyak!

3. Utamakan Kebutuhan Sebelum Keinginan

Kebutuhan dan keinginan adalah dua hal yang berbeda. Kebutuhan adalah suatu hal pokok yang harus Anda penuhi untuk hidup, beberapa contohnya adalah makanan, pakaian, biaya kebutuhan rumah tangga, dan tempat tinggal. Sedangkan keinginan adalah segala kebutuhan tambahan atas sesuatu yang dianggap kurang, misalnya pakaian dengan merek tertentu.

Jadi, ketika Anda ingin berbelanja suatu barang, pastikan Anda benar-benar memahami apakah ini merupakan kebutuhan atau hanya keinginan belaka. Penuhi terlebih dahulu kebutuhan pokok, baru kemudian keinginan tersebut dapat Anda beli.

 

4. Berikan Perlindungan Diri dengan Asuransi 

Dalam hidup hemat adalah melindungi diri Anda dengan asuransi. Asuransi dasar yang dapat Anda penuhi terlebih dahulu adalah asuransi kesehatan maupun asuransi jiwa.

Menganggarkan uang untuk membayar premi asuransi bukan berarti membuat Anda sedikit boros. Memang keuntungan dari asuransi tidak dirasakan secara langsung saat itu juga. Namun, jika Anda melihatnya di masa depan, tentu ini akan banyak manfaat.

 

5. Manfaatkan Promo Ketika Berbelanja

Nah, salah satu trik dalam frugal living adalah kamu bisa membeli kebutuhan dengan memanfaatkan promo atau diskon yang ada. Kini, kamu bisa temui berbagai promo menarik dari berbagai marketplace maupun aplikasi transportasi online yang ada dengan mudah. Oh iya, kamu juga bisa memanfaatkan promo ini untuk sekali-kali untuk biaya hiburan juga, lho!

BACA JUGA:8 Manfaat Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini: Investasi bagi Masa Depan yang Lebih Baik!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: