Bangung Tidur Kepala Terasa Pusing? Mungkin ini Penyebanya! Berikut 7 Masalah yang Sering Terjadi

Bangung Tidur Kepala Terasa Pusing? Mungkin ini Penyebanya! Berikut 7 Masalah yang Sering Terjadi

Pusing saat bangun tidur sering dialami seseorang dan dapat menghambat untuk beraktifitas--

Disway Jogja - Pusing adalah sensasi yang membuat Anda merasa linglung, tidak seimbang, atau seperti dunia berputar di sekitar Anda. Ini bisa terasa seperti Anda kehilangan keseimbangan atau seperti Anda hampir akan pingsan.

Pusing saat bangun tidur sering dialami seseorang dan dapat menghambat untuk beraktifitas, hal ini menyebabkan keterlambatan dalam menjalankan kegiatan.

Sensasi yang umumnya terjadi ketika seseorang baru saja terbangun dari tidur dan merasa ketidakseimbangan atau bingung dalam beberapa saat setelah membuka mata.

Ini adalah pengalaman di mana dunia sekitar mungkin terasa tidak stabil atau berputar, meskipun tidak ada gerakan sebenarnya.

BACA JUGA:5 Manfaat Luar Biasa dari Buah Strawberry untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Anda

Sensasi ini bisa bervariasi dari ringan hingga cukup intens, dan bisa disertai dengan perasaan lemah atau hampir pingsan.

Pusing saat bangun tidur dapat disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk perubahan dalam sirkulasi darah, posisi tidur yang memengaruhi aliran darah ke kepala, atau peralihan dari keadaan tidur mendalam ke keadaan sadar.

Dehidrasi juga bisa menjadi penyebab umumnya, karena tubuh bisa kehilangan cairan selama tidur melalui pernapasan dan berkeringat.

Sensasi ini mungkin hanya berlangsung sebentar, biasanya beberapa detik hingga beberapa menit, sebelum tubuh Anda beradaptasi dengan perubahan.

Namun, jika sensasi pusing berlangsung lama atau terjadi secara teratur, itu bisa menjadi pertanda adanya masalah kesehatan yang mungkin perlu diidentifikasi dan ditangani lebih lanjut oleh profesional medis.

Mengatasi pusing saat bangun tidur melibatkan memperhatikan pola tidur yang sehat, menjaga kecukupan hidrasi, dan mencari saran medis jika gejala terus berlanjut atau memburuk.

Seorang profesional kesehatan dapat membantu menentukan penyebab mendasarinya dan memberikan panduan atau perawatan yang sesuai.

Ada beberapa kemungkinan penyebab pusing saat bangun tidur, di antaranya:

1. Hipotensi ortostatik

Hipotensi ortostatik adalah suatu kondisi yang ditandai dengan penurunan tekanan darah saat seseorang bangun dari posisi duduk atau berbaring. Oleh karena itu, kondisi ini juga disebut sebagai hipotensi postural.

Pusing yang dialami saat bangun tidur akibat hipotensi ortostatik biasanya hanya berlangsung beberapa menit dan dapat hilang dengan sendirinya.

2. Dehidrasi

Dehidrasi adalah penyebab umum pusing saat bangun tidur. Saat dehidrasi, tubuh terasa lemas, pusing, dan haus.

Pusing akibat dehidrasi saat bangun tidur dapat disebabkan oleh tidur di lingkungan yang panas (hipertermia), asupan air putih yang tidak mencukupi, atau konsumsi kopi, teh, dan minuman beralkohol yang berlebihan sebelum tidur. Selain itu, dehidrasi juga bisa terjadi akibat muntah dan diare.

3. Vertigo

Vertigo Individu yang menderita vertigo dapat mengalami gejala seperti sensasi berputar di kepala atau perasaan bahwa lingkungan sekitar mengambang.

Vertigo biasanya disebabkan oleh kelainan pada telinga bagian dalam atau bagian otak yang bertanggung jawab untuk mengkoordinasikan keseimbangan dan koordinasi tubuh.

Rasa pusing tersebut bisa terjadi kapan saja termasuk secara tiba-tiba seperti saat merubah posisi kepala dari berbaring ke duduk atau berdiri seperti saat bangun tidur.

BACA JUGA:Jangan diabaikan ! Kamu Wajib Tau 9 Penyebab Pergelangan Tangan Nyeri, No 7 Sudah Menjadi Kebiasaan Orang

4. Gula darah rendah

Pusing setelah bangun tidur juga bisa menandakan kadar gula darah rendah atau hipoglikemia. Penurunan kadar gula darah sering terjadi pada penderita diabetes yang mengonsumsi obat antidiabetes seperti insulin.

Selain pusing saat bangun tidur, penderita hipoglikemia juga dapat mengalami keluhan lain, seperti lemas, gemetar, berkeringat dingin, dan kebingungan.

5. Sleep apnea

Sleep apnea adalah gangguan tidur yang menyebabkan individu berhenti bernapas selama beberapa detik saat tidur. Penderita sleep apnea sering mendengkur saat tidur.

Sleep apnea dapat menyebabkan kekurangan oksigen, yang dapat menyebabkan pusing saat bangun tidur

6. Gagal jantung

Gagal jantung adalah suatu kondisi dimana jantung tidak dapat memompa darah secara efektif, sehingga aliran darah dan oksigen ke seluruh tubuh tidak mencukupi.

Pada kasus yang parah, kondisi ini dapat menimbulkan beberapa gejala, antara lain pembengkakan pada tubuh, sesak napas, dan pusing saat bangun tidur atau melakukan aktivitas fisik tertentu seperti menaiki tangga atau mengangkat benda.

Selain gagal jantung, keluhan pusing saat bangun tidur juga bisa disebabkan oleh gangguan jantung lainnya, seperti aritmia jantung dan kardiomiopati.

7. Efek samping obat

Jenis obat tertentu dapat menyebabkan pusing sebagai efek sampingnya. Obat-obatan ini termasuk antidepresan, antikonvulsan, antihistamin, obat penurun tekanan darah, diuretik, obat penenang, dan antibiotik.

Untuk menghindari efek samping tersebut, penting untuk selalu membaca label dan petunjuk obat yang Anda minum.

Bila perlu, konsultasikan dengan dokter mengenai kemungkinan efek samping yang mungkin terjadi saat mengonsumsi obat-obatan tersebut.Semoga bermanfaat.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: alo dokter