Memiliki Bentuk Yang Unik!, Berikut 6 Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan Anda

Memiliki Bentuk Yang Unik!, Berikut 6 Khasiat Buah Naga Untuk Kesehatan Anda

--

 

DISWAY JOGJA- Buah Naga salah satu buah yang tidak asing dalam kegiatan sehari-hari kita. Buah Naga memiliki berbagai macam manfaat yang bisa digunakan sebagai pelengkap nutrisi anda setiap hari. Terdapat 2 jenis buah naga yang dilihat dari warna dagingya yaitu ada buah naga yang berwarna putih dan merah.

BACA JUGA:Tomat Makin Segar dan Melimpah: 10 Langkah Mudah yang Harus Anda Coba!

Kebanyakan dari kita sering meilhat buah naga yang memiliki daging merah karena buah naga ini adalah buah yang cocok ditempatkan di iklim tropis. Pada dasarnya buah naga sangat rendah kalori dan baik untuk kesehatan tubuh anda.

Berikut adalah kandungan nutrisi yang ada pada buah naga:

-Mangnesium yang memenuhi 18 persen kebutuhan tubuh tiap hari

-mengandung serat sebanyak 7 gram

-Vitamin E yang mengandung 4 persen kebutuhan tubuh tiap harinya

-Vitamin C yang mengandung 9 persen kebutuhan tubuh tiap harinya.

-Kalori sebanyak 136

-Protein sebanyak tiga gram

-Karbohidrat sebanyak 29 gram

-Zat besi memenuhi setidaknya8 persen kebutuhan tubuh tiap harinya.

Selanjutnya, Apa saja sih Manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh?

BACA JUGA:4 Cara Menanam dan Merawat Pohon Kelapa Sejuta Manfaat Dijamin Berhasil, Yuk Coba!

1. Mencegah Adanya Penyakit Kronis

Kita tau bahwa antioksidan adalah zat penting dalam tubuh untuk menangkal adanya radikal bebas.Nah salah satu cara untuk mengatasi adanya penyebaran radikal bebas ini yaitu dengan cara mengkonsumsi buah naga yang kaya akan antioksidan.

dalam berbagai penelitian terpenuhinya kebutuhan antioksidan dalam tubuh bisa untuk mengurangi adanya penyakit kronis seperti kanker,gangguan jantung, diabetes, dan adanya radang sendi.

2. Menurunkan resiko Depresi

Buah Naga juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental anda. kandungan buah naga yang memiliki magnesium membantu kesehatan tubuh dan otak agar terhindar dari berbagai penyakit salah satunya adalah kondisi depresi.

selai itu, kamu juga membarengi olahraga secara rutin dan dianjurkan melakukan konsultasi ke psikolog agar kondisi mental dapat dicegah secara optimal.

 BACA JUGA:Berikut! 7 Manfaat Daun dan Batang Serai Yang Baik Untuk Tubuh

3.Mencegah Anemia dan Kekurangan Zat Besi

Buah naga adalah salah satu dari sedikit buah segar yang mengandung zat besi. Mineral ini memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Zat besi juga memainkan peran penting dalam memecah makanan menjadi energi. Selain itu, buah naga juga mengandung vitamin C yang membantu tubuh menyerap zat besi.

Agar terhindar dari defisiensi zat besi, konsumsilah makanan yang banyak mengandung zat besi. Contohnya daging, ikan, kacang-kacangan, kacang-kacangan dan sereal.

 

4. Meningkatkan Kesehatan Usus

Melansir dari jurnal Food Chemistry buah naga mengandung prebiotik. Buah ini berpotensi meningkatkan keseimbangan bakteri baik di usus. Prebiotik adalah jenis serat khusus yang mendorong pertumbuhan bakteri sehat (probiotik) di usus. Singkatnya, prebiotik ada makanan probiotik.

Seperti semua serat, usus tidak dapat memecahnya. Namun, bakteri di usus bisa mencernanya. Mereka menggunakan serat sebagai bahan bakar untuk pertumbuhan. Secara khusus, buah naga mendorong pertumbuhan dua keluarga bakteri sehat, yaitu bakteri asam laktat dan bifidobacteria.

Mengonsumsi prebiotik secara teratur dapat mengurangi risiko infeksi pada saluran pencernaan dan diare. Ini karena prebiotik mendorong pertumbuhan bakteri baik, yang dapat mengalahkan bakteri jahat.

5. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh Anda

Meningkatkan sistem imun tubuh menjadi salah satu manfaat buah naga untuk kesehatan. Kemampuan tubuh untuk melawan infeksi ditentukan oleh beberapa faktor yang berbeda, termasuk kualitas pola makan sehari-hari.

Vitamin C dan karotenoid dalam buah naga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah infeksi dengan melindungi sel darah putih dari kerusakan.

Sel darah putih dalam sistem kekebalan tubuh dapat menyerang dan menghancurkan zat berbahaya. Namun, mereka sangat sensitif terhadap kerusakan oleh radikal bebas.

Sebagai antioksidan kuat, vitamin C dan karotenoid dapat menetralkan radikal bebas dan mempertahankan sel darah putih dari bahaya. Jadi, sistem kekebalan tubuh pun lebih kuat.

itulah 6 khasiat dari buah naga yang bisa digunakan untuk kesehatan tubuh anda. berbagai macam khasiat buah naga ini diharapkan mampu memberikan pandangan hidup sehat untuk anda.***

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: halodoc.com