Favorit Banyak Orang! Ini 13 Menu Andalan yang disajikan Warung Tegal

Favorit Banyak Orang! Ini 13 Menu Andalan yang disajikan Warung Tegal

Warteg dengan berbagai menu yang menggiurkan -Disway-Pinterest

DISWAYJOGJA.ID - Warteg atau Warung Tegal menjadi salah satu tempat makan yang digemari banyak orang. Bagaimana tidak, selain lezat harganya pun sangat terjangkau.

Bagi seorang perantau, warteg menjadi tempat favorit untuk menghilangkan rasa lapar. Porsi yang diberikan tergolong cukup banyak, sehingga bisa membuatmu puas. Rasa masakan khas rumahan di warung ini, bisa mengobati siapa saja yang rindu akan pulang.

BACA JUGA:Bikin Perut Keroncongan, Ini 7 Resep Tumis Sederhana dan Mudah dibuat!

Nah, tentu kamu sudah tahu jika ada banyak menu andalan yang kerap disajikan di warteg. Saking banyaknya kamu tidak perlu bingung, karena semuanya dijamin lezat dan menggiurkan.

Sudah bisa tebak apa saja menu tersebut? Berikut beberapa menu khas yang bisa ditemukan di warteg.

1. Tempe Orek

Menu yang satu ini sepertinya tidak pernah absen di meja etalase warung tegal. Tempe orek sebetulnya merupakan tempe yang dipotong kecil-memanjang kemudian ditumis dengan berbagai bumbu lainnya. Rasanya cenderung manis dan gurih membuat menu yang satu ini digemari berbagai kalangan.

2. Balado

Bagi penggemar pedas, menu yang satu ini sepertinya wajib masuk dalam piring. Olahan lauk bercampur bumbu balado sangat menggugah selera siapapun yang melihat.

Ada beberapa menu yang sering di olah dengan bumbu balado. Seperti ikan balado, terong balado, ayam balado, hingga jengkol balado.

3. Aneka Tumis

Saat mengunjungi warteg, tentu mata kita akan melihat berbagai tumisan yang menggiurkan. Tidak heran jika pada akhirnya warteg dikenal sebagai surganya tumisan.

Tumisan tersebut antara lain, tumis kacang panjang, tumis taoge, tumis jamur, capcay, tumis buncis, tumis tahu tempe, tumis labu siam dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:7 Jajanan ini Cocok disantap Saat Cuaca Dingin, dijamin Nikmat dan Menghangatkan!

4. Sayur Berkuah

Sayur berkuah merupakan salah satu menu wajib yang selalu ada di warteg. Biasanya, warteg menyediakan sayur asem, sayur bayam, sayur sop, sayur nangka, dan sayur lodeh, dan sayur garang asem.

Cocok untuk kamu yang ingin makan masakan berkuah.

5. Ayam

Hampir setiap orang sepertinya menyukai lauk yang satu ini. Selain karena rasanya lezat, ayam mudah ditemui diberbagai tempat. Warteg menjadi salah satu tempat makan yang tidak pernah absen menyajikan menu yang satu ini. Ada berbagai olahan ayam, dari ayam goreng, ayam srundeng, ayam balado, hingga opor ayam.

Beberapa warteg juga menyediakan jeroan ayam lho, seperti usus, hati, hingga ampela goreng.

6. Ikan

Bila ada ayam tentu ada ikan yang menemaninya. Warteg menyajikan aneka jenis ikan dengan harga terjangkau seperti ikan kembung, nila, bawal, lele, tongkol, ikan pindang, ikan panggang serta beberapa ikan potong.

Tak hanya digoreng, menu ini juga biasa diolah menjadi balado hingga pepes ikan. Wahh, menarik!

BACA JUGA:Resep Pangsit Jontor Super Praktis, Pedesnya Kebangetan!

7. Aneka seafood

Selain ikan, ada beberapa olahan seafood lain yang disajikan di warteg. Seperti oseng kerang, udang cabai hijau, cumi, teri kacang, dan lain-lain.

8. Telur

Seperti halnya warung padang, menu lauk satu ini adalah juga bisa ditemukan di warung tegal. Telur dadar ala warteg biasanya berupa telur tebal dengan isian irisan bawang merah, bawang putih, dan daun bawang.

Selain didadar kamu bisa menemukan olahan telur lain seperti, telur balado ataupun telur ceplok.

9. Urab

Bagi kamu yang belum tahu, urab merupakan campuran sayur kol, kangkung, kacang panjang, taoge hingga kecipir. Seperti dalam rujak memang, tetapi bedanya urab disajikan dengan bumbu kelapa yang gurih nan menggiurkan.

10. Oseng kikil

Menu warteg yang tidak boleh kamu lewatkan adalah oseng kikil. Dijamin bikin ketagihan!

11. Perkedel

Perkedel menjadi salah satu olahan kentang yang sering hadir di etalase warteg. Lauk yang satu ini, cocok dipadukan dengan lauk apapun. Bikin pengalaman makanmu makin sempurna.

BACA JUGA:4 Jenis Kolak Selain Pisang, Lezat dan Mengiurkan!

12. Aneka Gorengan

Gorengan menjadi salah satu lauk pelengkap yang digemari banyak orang. Bagi sebagian orang, tidak mengonsumsi gorengan saat mengunjungi warteg rasanya seperti ada yang kurang.

Ada tempe, tahu, yang digoreng biasa maupun dilapisi tepung. Banyak sekali bukan?

13. Aneka Kerupuk

Makan di warteg kurang lengkap rasanya tanpa yang kriuk kriuk. Karenanya, warteg menyediakan berbagai jenis kerupuk mulai kerupuk bawang, kerupuk putih kaleng, kerupuk nasi, kerupuk kulit, kerupuk udang, hingga aneka rempeyek.

 

Nah, demikianlah berbagai menu yang biasanya disajikan di warung tegal. Tak heran jika akhirnya warung ini sangat diminati banyak orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: