Tradisi Perayaan Kemerdekaan Paling Unik di Indonesia, Nomor 2 Paling Ngeri!

Tradisi Perayaan Kemerdekaan Paling Unik di Indonesia, Nomor 2 Paling Ngeri!

--

DISWAY JOGJA - Setiap tahun khususnya di bulan Agustus, seluruh rakyat di penjuru negeri akan antusias menyambut hari raya kemerdekaan Republik Indonesia.

Sebab, di tanggal 17 Agustus 1945 adalah momen bersejarah bangsa Indonesia dimana saat itu bangsa kita dinyatakan merdeka setelah beratus-ratus tahun dijajah.

Tak sekedar menghias dan mendekorasi dengan berbagai pernak-pernik  khas 17-an, di beberapa daerah juga biasanya diselenggarakan tradisi-tradisi yang membuat perayaan semakin meriah.

Banyak cara yang dilakukan masyarakat untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Cara ini terbilang unik karena tidak terjadi di waktu lain.

Tradisi tersebut biasanya berlangsung di berbagai provinsi atau daerah yang telah dilakukan secara turun-temurun.

Penasaran apa saja? simak ulasannya dibawah ini :

1. Pacu Kude, Aceh

Tradisi Pacu Kude berasal dari Aceh. Permainan rakyat yang sudah ada sejak masa kolonial Belanda ini biasanya digelar usai panen. Pada 1956, permainan ini secara resmi diambil alih oleh pemerintah setempat. Sejak saat itu, pemerintah dan masyarakat Aceh menganggap bahwa pacu kude merupakan simbol dari perjuangan rakyat untuk mendapatkan kemerdekaan.

Oleh sebab itu, tradisi pacu kude digelar sebagai bentuk perayaan HUT RI setiap tahunnya. Uniknya, kuda yang digunakan dalam balapan ini merupakan kuda hasil persilangan antara kuda Australia dan kuda Gayo.

2. Sepakbola Durian, Kebumen

Tradisi unik perayaan 17 Agustus lainnya juga dilakukan oleh masyarakat Kebumen, Jawa Tengah, yaitu sepak bola durian.

Seperti aturan sepak bola pada umumnya, kedua tim akan bertanding dengan menggunakan buah durian untuk pengganti bola.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: