Simak! Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan Tubuh Ampuh Untuk Pengobatan Kolestrol

Simak! Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan Tubuh Ampuh Untuk Pengobatan Kolestrol

--

Meski begitu, ada juga penelitian yang menyatakan bahwa penderita depresi memiliki kecanduan untuk mengunyah sirih. Dikutip dari Wolters Kluwer Health, pasien yang mengunyah sirih menunjukkan gejala depresi yang lebih parah. 

Setelah mendapatkan terapi antidepresan, kecanduan mengunyah sirih berkurang secara signifikan.

4. Mengatasi Radang Mata

Aktivitas antibakteri yang terkandung dalam ekstrak daun sirih ternyata bisa bermanfaat untuk mengatasi konjungtivis atau radang mata akibat bakteri Staphylococcus aureus

Hal ini dibuktikan dengan penggunaan obat tetes mata yang mengandung daun sirih. Produk ini terbukti dapat mengurangi jumlah bakteri dan berhasil melawan gangguan konjungtivitis. 

Meski begitu, kamu tetap perlu berhati-hati saat menggunakannya. Pastikan untuk konsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya!

BACA JUGA:7 Alasan Mengapa Air Kelapa Harus Jadi Sahabat Kesehatanmu!

5. Menurunkan Kolestrol

Manfaat sirih merah untuk kesehatan juga dapat membantu menurunkan kolesterol. Ini semua berkat kandungan eugenol yang dapat menghambat jumlah kolesterol yang dihasilkan di hati, sehingga dapat membantu mengurangi jumlah lipid yang diserap oleh usus. 

Akan tetapi, sebuah penelitian dari Media Farmasi Indonesia menunjukkan bahwa pemberian daun sirih merah tidak memengaruhi kadar kolesterol darah. 

Oleh karenanya, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas dari pemberian sirih merah sebagai penurun kolesterol.

6. Mengobati Penyakit Hati

Ekstrak daun sirih merah memiliki aktivitas anti-inflamasi dan antioksidan. Keduanya dapat bermanfaat untuk mengatasi kerusakan hati. 

Pasalnya, hati merupakan organ penting yang memainkan peran utama dalam proses metabolisme tubuh. Obat-obatan dan alkohol dapat menyebabkan terjadinya stres oksidatif, sehingga bisa menyebabkan kerusakan hati. 

Beruntungnya, anti-inflamasi dan antioksidan yang terkandung dalam sirih merah terbukti memiliki efek untuk mengatasi penyakit hati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: klikdokter.com