Simak! Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan Tubuh Ampuh Untuk Pengobatan Kolestrol

Simak! Manfaat Daun Sirih Merah Bagi Kesehatan Tubuh Ampuh Untuk Pengobatan Kolestrol

--

DISWAY JOGJA-Daun sirih merah (Piper crocatum) merupakan salah satu tanaman herbal yang banyak digunakan di indonesia. Sering kali, para orang tua mengunyah daun sirih karena yakin tanaman ini dapat bermanfaat untuk kesehatan gigi.

Daun Sirih memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh serta menjaga kekebalan tuhub agar lebih fit dan kuat. Berikut adalah manfaat dari Sirih Merah bagi kesehatan tubuh

1. Menghambat Sel Kanker

Senyawa alkaloid yang terkandung di dalam daun sirih merah ternyata dapat memiliki sifat antineoplastik. Hal tersebut membuat tanaman ini dapat bekerja ampuh untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. 

Bahkan, manfaat ini telah terbukti pada kanker usus besar. Berdasarkan data dari HAYATI Journal of Biosciences, ada sejumlah senyawa milik daun sirih merah yang berpotensi menghambat protein penanda kanker usus besar. 

Oleh karenanya, daun sirih menjadi salah satu pengobatan antikanker yang dapat dipertimbangkan.

BACA JUGA:Inilah 7 Manfaat Tersembunyi dari Teh Hijau yang Tidak Pernah Kamu Duga!

2. Mengobati Asma

Asma menjadi salah satu masalah kesehatan yang berkaitan dengan pernapasan. Tak hanya itu, penyakit ini juga termasuk ke dalam gangguan peradangan. 

Untungnya, daun sirih memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat digunakan untuk membantu penderita asma. Tak hanya itu, terdapat sifat anti-histamin di dalam daun sirih. Kandungan tersebut dapat membantu mencegah dan mengendalikan asma. 

Bila tertarik untuk menggunakannya, kamu bisa terlebih dahulu dengan dokter agar mendapatkan perawatan yang tepat.

3. Mengatasi Depresi

Mengunyah daun sirih atau meminum air rebusan daun sirih ternyata dapat memicu otak untuk memproduksi lebih banyak serotonin. Hormon bahagia ini bisa membantu mengatasi perasaan depresi dan kecemasan. 

BACA JUGA:Rekomendasi Kuliner Sate Kambing Enak Di Tegal, Cocok Untuk Kalian Saat Berkunjung Ke Tegal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: klikdokter.com