12 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Tubuh

12 Manfaat Buah Leci Untuk Kesehatan Tubuh

--

DISWAY JOGJA - Buah leci atau lici yang memiliki rasa manis dan sangat harum ini sudah banyak kita jumpai di berbagai macam produk olahan. Mulai dari sirup leci, jus leci, es leci hingga jelly leci. Buah leci berasal dari China, namun saat ini sudah ditemukan di sebagian besar negara-negara Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah ini masih termasuk dalam keluarga buah Sapindaceae yang memiliki nama ilmiah Litchi chinensis. Pohon leci biasa tumbuh di daerah yang memiliki iklim tropis.

Leci memiliki kulit yang kasar, sedangkan daging buahnya berwarna putih dan lembut. Leci merupakan buah yang tergolong kecil tetapi mengandung nutrisi-nutrisi yang sehat bagi tubuh. Oleh karenanya, buah leci ini sering dianggap sebagai buah eksotis yang memiliki banyak manfaat. Berikut ini beberapa manfaat buah leci bagi kesehatan.

 

12 Manfaat Buah Leci untuk Kesehatan - Khasiat Sehat

1. Memperkuat Imunitas

Leci merupakan sumber vitamin C dan mengandung 71,5 mg per 100 g porsi. Tingginya jumlah vitamin C yang terkandung di dalam buah leci, terbukti dapat menjadi antioksidan yang meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.

Leci meningkatkan kekebalan untuk melindungi tubuh dari penyakit umum seperti batuk, pilek dan flu. Vitamin C juga melindungi dari infeksi. Buah ini sangat dianjurkan bagi anak-anak yang sangat rentan terhadap infeksi dan dingin.

 

2. Perlindungan Terhadap Radikal Bebas

Selain menjadi antioksidan, leci juga mengandung vitamin B-kompleks dan flavonoid phytonutrient. Antioksidan dan flavonoid phytonutrient merupakan nutrisi penting bagi tubuh.

Antioksidan diperlukan untuk melindungi tubuh dari stres oksidatif, yaitu stres tinggi yang disebabkan karena polusi dan radiasi sinar UV. Proses ini menciptakan radikal bebas dari molekul oksigen. Radikal bebas merusak sel normal DNA dan mengubah fungsi sel-sel untuk membentuk sel-sel kanker.

Antioksidan inilah yang akan menetralkan radikal bebas dan bertindak sebagai pelindung sel dari kerusakan. Disamping itu, leci juga dapat mengurangi peradangan dan penyakit degeneratif seperti arthritis akibat radikal bebas.

 

3. Meningkatkan Metabolisme

Leci juga mengandung serat dan vitamin B-kompleks yang meningkatkan metabolisme. Metabolisme diperlukan untuk mengasimilasi, menyerap dan membuang kelebihan gizi dari tubuh kita yang terdiri dari lemak, protein, gula dan karbohidrat.

Orang yang menderita resistensi insulin karena metabolisme yang buruk harus mengkonsumsi makanan seperti leci yang kaya akan antioksidan dan flavonoid. Karena kandungan gulanya tinggi, leci tidak dianjurkan bagi penderita diabetes.

 

4. Membantu Merawat Kulit

Kulit kita menanggung beban penuaan, polusi, paparan sinar UV yang berbahaya, stres dan gangguan terkait gaya hidup lainnya. Vitamin C dan kadar air yang tinggi dalam leci merupakan perpaduan ideal untuk menunda penuaan dini. Perpaduan kedua unsur ini akan menjaga kulit dari keriput dan garis-garis halus.

 

5. Mengatur Tekanan Darah

Serat yang tinggi dan vitamin C pada leci akan mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, serta kalium yang terkandung pada leci berfungsi mengatur detak jantung yang akan berpengaruh pada kesehatan jantung secara keseluruhan.

Leci juga dapat mengurangi tingkat kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam darah. Dengan demikian, leci dapat meningkatkan aliran darah ke jantung dan mengurangi risiko serangan jantung, stroke dan hipertensi.

 

6. Kesehatan Jantung

Buah leci mengandung potasium, yang membantu mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

 

7. Mengurangi Risiko Kanker

Senyawa fitokimia dalam buah leci, seperti quercetin dan kaempferol, memiliki potensi untuk melawan pertumbuhan sel kanker.

 

8. Menurunkan Berat Badan

Buah leci rendah kalori dan lemak, sehingga dapat menjadi pilihan makanan yang baik untuk program penurunan berat badan.

 

9. Kesehatan Tulang

Kalsium, fosfor, dan magnesium dalam buah leci mendukung kesehatan tulang dan gigi.

 

10. Manajemen Gula Darah

Buah leci memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

 

11. Pembentukan Sel Darah Merah

Kandungan zat besi dalam buah leci membantu dalam pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia.

 

12. Pemulihan Setelah Olahraga

Kandungan elektrolit dan nutrisi dalam buah leci dapat membantu dalam pemulihan tubuh setelah aktivitas fisik intens.

 

Namun, sebaiknya konsumsi buah leci dengan bijak dan dalam jumlah yang wajar. Terlalu banyak mengonsumsi buah leci atau buah-buahan lain dalam jumlah berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan pencernaan atau masalah gula darah. Jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu atau alergi makanan, sebaiknya konsultasikan dengan profesional kesehatan sebelum menambahkan buah leci ke dalam diet Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kesehatan