10 Manfaat Kayu Siwak Untuk Kesehatan Gigi dan Tubuh Kita

10 Manfaat Kayu Siwak Untuk Kesehatan Gigi dan Tubuh Kita

Kayu Siwak--

 

DISWAY JOGJA - Kayu siwak, atau disebut juga kayu arak, adalah bahan alami yang telah lama digunakan sebagai alat pembersih gigi dan pengganti sikat gigi dalam praktik perawatan mulut di berbagai budaya. Apakah siwak itu? Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mendengar kata siwak yang mana siwak ini berkaitan erat dengan kesehatan fungsi bagian-bagian mulut seperti gusi, lidah, maupun gusi. Siwak merupakan ranting atau akar dengan serat yang lembut dari pohon arak.

Tanaman yang bernama latin Salvadora percisa ini banyak dijumpai di daerah Timur Tengah, Asia, dan Afrika sehingga tidak salah jika penduduk Arablah yang pertama kali mengenalkan penggunaan siwak. Di Indonesia, siwak bukanlah barang umum yang mudah di dapatkan. Untuk memudahkan kita membayangkan siwak, kita dapat melihat sikat gigi yang notabene pembuatan sikat gigi memang terinspirasi dari siwak. Beda keduanya adalah sikat gigi terbuat dari plastik sedangkan siwak terbuat dari bahan alami.

 BACA JUGA:5 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan, Si Pengganti Gula yang Dapat Menurunkan Risiko Kanker

1.Membersihkan Mulut

Ketika anda tidur sebaiknya biasakan selalu agar mulut dalam keadaan bersih. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk membersihkan mulut dari kotoran adalah menggunakan siwak.

 

2.Membersihkan Gusi

Tidak hanya membersihkan mulut saja, siwak juga dapat dimanfaatkan untuk membersihkan gusi anda dari kotoran. Anda tinggal menggosokkannya pada gigi anda seperti halnya sikat gigi.

 

3.Membersihkan Gigi

Setelah selesai makan biasanya sisa-sisa makanan tersebut akan menempel di gigi. Selain merusak penampilan, jika sisa makanan ini dibiarkan begitu saja akan menjadi pemicu munculnya gigi berlubang. Untuk itu, gigi perlu dibersihkan secara teratur yang mana salah satu caranya anda dapat memanfaatkan sikat gigi dari siwak. (Baca juga : Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan Gigi)

 BACA JUGA:8 Penyebab Gigi Kita Ini Menjadi Kuning, Nomor 4 Banyak Banget yang di Alami Oleh Laki-laki

4.Membersihkan Lidah

Sisa-sisa makanan ternyata tidak hanya menempel di gigi tetapi juga di lidah yang mana sisa-sisa ini menjadi pemicu munculnya berbagai permasalahan pada mulut salah satunya menyebabkan sariawan. Untuk mencegahnya maka lidah juga perlu dibersihkan secara teratur. Salah satu benda yang dapat digunakan untuk membersihkan lidah adalah siwak.

 

5.Mencegah Pendarahan pada Gusi

Dalam siwak terkandung berbagai macam antibacterial acids seperti astringents, abrasive, dan detergent yang mampu membantu menghentikan pendarahan pada gusi. Keberadaan zat-zat ini ditandai dengan rasa pedas dan terbakar di mulut ketika anda menggunakannya untuk pertama kali.

 

6.Membunuh Bakteri

 Antibacterial acids memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri. Bakteri mulut dapat menempel di mana saja seperti pada gigi, gusi, maupun lidah. Oleh karena itu, siwak sebagai sumber antibacterial acid ini sangat cocok untuk digunakan oleh semua orang terlebih jika mulutnya banyak mengandung bakteri.

 BACA JUGA:9 Kandungan yang Terdapat Dalam Pasta Gigi

7.Mencegah Infeksi

Jika mulut terluka dan tidak kunjung diobati maka dapat menyebabkan terjadinya infeksi. Untuk mengatasi atau mencegah infeksi ini kita dapat menggosok gigi, gusi, dan lidah kita menggunakan siwak karena di dalamnya mengandung zat anti bakteri penyebab infeksi. Tekstur siwak ini sangat lembuh sehingga anda tidak perlu takut ia akan melukai mulut anda.

 

8. Merangsang Produksi Air Liur

Mengunyah kayu siwak dapat merangsang kelenjar air liur, yang penting untuk menjaga kelembapan mulut dan mengurangi risiko pembentukan plak.

 

9. Mengurangi Noda Gigi

Zat alami dalam kayu siwak dapat membantu menghilangkan noda dan mengembalikan warna alami gigi.

 

10. Ramah Lingkungan

Penggunaan kayu siwak sebagai alat pembersih gigi lebih ramah lingkungan daripada sikat gigi plastik dan bisa membantu mengurangi limbah plastik.

 

Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan kayu siwak juga memiliki beberapa keterbatasan, seperti perawatan yang tepat dan kebiasaan mengunyah yang benar. Selain itu, efektivitas kayu siwak mungkin bervariasi dari individu ke individu. Jika Anda ingin mencoba menggunakan kayu siwak sebagai alternatif pembersih gigi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi terlebih dahulu untuk mendapatkan panduan yang tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kesehatan